Tutorial Drupal Untuk Pemula

Tutorial drupal bagi Anda yang baru mengenalnya bisa didapatkan dengan mengunjungi website drupal.org secara langsung untuk penjelasan dari sumber utama. Semua informasi dasar tentang drupal tersedia didalam authority site tersebut, disajikan dengan bahasa inggris yang mudah dipahami.

Namun jika Anda lebih senang mempelajari drupal dalam bahasa Indonesia, dengan berbagai alasan tentunya, Anda dapat mencarinya dari seacrh engine dengan mengetikkan kata kunci “tutorial drupal”. Banyak sekali blog-blog yang menyajikan berbagai informasi dasar tentang cms ini, sebagian akan menyajikannya dengan lengkap disertai tautan-tautan untuk mengunduh file-file penting dari authority site drupal.

Tutorial drupal untuk pemula sebenarnya hanyalah pengenalan tentang sebuah platform baru penemuan para tekhnisi  Belanda yang berfungsi untuk membangun dan mengelola sebuah website. Seperti halnya cms dan open osurce yang lain, drupal diberikan secara gratis untuk para pengembang web. Beberapa template dan modul pun tersebar luas di dunia maya, dapat diunduh tanpa biaya selain biaya koneksi internet tentunya.

Drupal dapat digunakan untuk membangun sebuah web dinamis dari yaang paling sederhana untuk blog pribadi maupun jenis kompleks untuk sebuah perusahaan terkemuka,  bahkan untuk web dalam bentuk forum dan jajak pendapat. Pada intinya, rancangan drupal memungkinkan administrator untuk meningkatkan fungsi dan menambahkannya pada modul yang sudah ada.

Komponen utama yang akan dipelajari dalam sebuah tutorial drupal mencakup kemampuan utama software ini untuk membangun, mengatur dan mengembangkan menu, file upload/download, akun pengguna, forum, dan juga hak akses anggota.

Yang membuatnya istimewa dalah bahwa administrator dapat mengubah modul default tanpa mempengaruhi kode inti. Drupal sangat mudah digunakan oleh para pengembang web pemula, tidak rumit dan sulit seperti platform lain yang membutuhkan keahlian dalam membaca bahasa html untuk mengedit, mengakses dan memodifikasi konten. Platform ini juga cocok bagi mereka yang menginginkan update harian dan interaksi yang konstan dengan pengguna pada website. Hanya diperlukan sebuah tutorial drupal yang singkat dan komunikatif untuk memahaminya sehingga dapat dikatakan inilah cms yang paling sederhana diantara para pembangun web lainnya.

Comments are closed.

Read previous post:
Keunggulan cPanel Hosting

cPanel hosting sangat berpengaruh dalam mengatur dan mengendalikan sebuah website. Anda harus sangat memperhatikan pemilihan penyedia cPanel hosting jika menginginkan

Close