Cara Install Joomla di cPanel

cara install joomlaCara install joomla di cPanel praktis dan tidak membutuhkan keahlian khusus di bidang pengkodean.  cPanel adalah sebuah interface yang digunakan untuk mengatur beberapa aspek dari sebuah website, biasanya digunakan sebagai third party yang menghubungkan web hosting dengan para pemilik website.

Berwujud dashboard yang tidak sulit untuk dipahami dengan berbagai fitur dan alat serta dukungan untuk MySQL dan PHP dan instalasi cepat untuk beberapa opensource seperti wordpress, drupal dan joomla. Joomla sendiri adalah sebuah software yang sangat populer untuk pengembangan sebuah website.

Untuk mendapatkan paket joomla, Anda bisa mengunduhnya dari Joomla Forge. Untuk menggunakannya Anda harus mengetahui cara install joomla pada server.

Cara install joomla sebenarnya ada tiga macam, yaitu :

  1. Mengisntall joomla secara langsung pada cPanel. Ini merupakan cara yang paling mudah dan cepat. Metode ini cara install joomla yang sangat disarankan untuk digunakan oleh para pemula.
  2. Install joomla secara manual pada server pribadi. Agak lebih rumit dan memerlukan keahlian serta ketelitian.
  3. Install joomla pada komputer lokal sebelum kemudian mengunggahnya ke internet. Untuk menjalankan metode ini diperlukan sebuah software yang akan memberikan tampilan semacam server pada komputer lokal Anda. Software jenis ini yang paling populer adalah XAMPP. Dan untuk mengunggah data-data website ke internet Anda akan membutuhkan FTP.

Pada artikel kali ini kita akan membahas metode pertama yaitu cara install joomla di cPanel.  Berikut adalah langkah-langkah umum yang dapat anda ikuti :

  1. Temukan dan sewalah hosting yang menyediakan cPanel sebagai software interface untuk mengatur website. Setelah membayar invoice yang mereka berikan maka Anda akan diberikan akses ke dalam cPanel website Anda.
  2. Gunakan akses yang diberikan oleh pihak hosting untuk login ke cPanel. Lalu temukan menu Fantastico di sebelah kiri.
  3. Ketika masuk ke dalam menu Fantastico, Anda akan menemukan pilihan beberapa CMS. Pilihlah Joomla 1.5 atau versi yang terbaru.
  4. Akan muncul beberapa instruksi yang memandu Anda untuk install joomla di folder utama Anda.
  5. Joomla sudah terinstall di cPanel dan siap digunakan.

Sangat mudah bukan? Selamat mencoba metode pertama cara install joomla.

Comments are closed.

Read previous post:
Tutorial Drupal Untuk Pemula

Tutorial drupal bagi Anda yang baru mengenalnya bisa didapatkan dengan mengunjungi website drupal.org secara langsung untuk penjelasan dari sumber utama.

Close