LinuxWeb Hosting

Untung Besar Berbisnis Toko Online

Persaingan bisnis offline yang semakin tinggi menuntut para pemilik usaha untuk selalu kreatif dan inovatif untuk memenangkan persaingan. Salah satunya inovasi yang mereka lakukan adalah dengan melakukan penetrasi pasar melalui internet. Jika selama ini toko offline hanya bisa menjangkau pasar lokal yang terbatas, saat ini internet menjadi media yang paling tepat bagi para pelaku usaha untuk memperluas pangsa pasarnya dengan membuka toko online.

Melalui jaringan internet seorang pemilik toko, dapat menjangkau pasar yang lebih luas, tidak hanya pasar lokal namun bisa menjangkau pasar nasional bahkan internasional. Sehingga toko online menjadi solusi tepat bagi para masyarakat yang ingin terjun di dunia usaha.

Pada hakikatnya toko online tidaklah jauh berbeda dengan toko yang dibuka secara offline. Yang membedakan hanyalah lokasi usaha dan cara pembeliannya saja. Bila toko konvensional (toko offline) membutuhkan lokasi yang strategis untuk memulai usaha, toko online hanya membutuhkan jaringan internet dan membuat website, blog atau jejaring sosial sebagai tempat usahanya. Poin inilah yang membuat sebagian besar orang beranggapan bahwa toko online merupakan peluang bisnis yang dapat dijalankan dengan mudah dan murah, serta memberikan banyak keuntungan bagi pemiliknya.

Beberapa keuntungan toko online dibanding dengan toko online :

  • Jangkauan pasar lebih luas tanpa batas. Bila pemilik toko offline hanya bisa memasarkan produk-produknya di sekitar lokasi usaha, lain halnya dengan pemilik toko online. Hanya dengan koneksi yang baik maka pemilik toko online dapat memasarkan produknya hingga ke berbagai daerah yang memiliki jaringan internet. Perkembangan teknologi seperti inilah yang memudahkan para pelaku bisnis online untuk menembus jarak yang cukup jauh dengan cara yang sangat efektif.
  • Modal usaha yang dibutuhkan sangat kecil. Membuka toko online tidak memerlukan modal besar, bahkan banyak pelaku bisnis yang membuka toko online dengan situs-situs gratisan (seperti melalui facebook, twitter, blog, dll) atau jika anda ingin membuat site profesional dengan harga murah anda bisa menggunakan cms toko online seperti magento atau prestashop.  Modal utama Anda hanyalah informasi dan pengetahuan di bidang internet serta sewa untuk hosting dan domain per tahun.
  • Kesempatan untuk mengembangkan usaha lebih besar. Jika pada toko offline biaya pengembangan usaha sangat mahal, di toko online Anda dapat mengembangkan usaha tanpa harus mengeluarkan uang. Sebagai contoh, anda ingin melakukan ekspansi produk baru yang perlu anda lakukan hanyalah melakukan tambahkan content lalu upload pada hosting anda, bandingkan jika pada toko konvensional. Ketika ingin menambahkan produk tertentu, berapa space tempat yang harus ditambahkan

Di zaman yang sudah serba teknologi dan informasi yang melimpah, sudah saatnya pemilik toko berinovasi dari yang dulunya offline menjadi toko online untuk memenangkan persaingan pasar. Semoga bisa menjadi inspirasi

 

Comments are closed.