LinuxSEO Service

Waspadai broken link

Broken Links yang mengakibatkan adanya “Page Not Found” atau “Halaman Tidak Ditemukan” adalah pesan error yang dampaknya sangat berbahaya bagi blog kita dimata search engine. Efek dari adanya broken link ini bisa memberikan nilai minus dalam hal efisiensi mesin pencari saat melakukan crawling halaman demi halaman blog .

Broken Links dan Error pages menciptakan kesan yang sangat negatif dan tidak profesional kepada pengunjung, sering menyebabkan pengunjung langsung pergi dan tidak kembali lagi!

Bagi para blogger keberadaan broken link wajib di waspadai, sebab blog yang memiliki broken link memberikan kerugian yang cukup besar. Kerugian yang dimungkinkan muncul dari broken link di antaranya :

  1. Netters tidak akan pernah bisa menemukan halaman atau situs Anda, sehingga informasi yang anda miliki tidak akan pernah sampai ke mereka.
  2. Menurunnya jumlah blog visitor, jua akan menyebabkan turunnya page rank pada blog anda.
  3. Resiko terbesar yaitu terkena de-index, sebab broken link pada sebuah situs yang terlalu banyak akan dianggap sebagai spam.

Penyebab utama terjadinya broken link :

  1. Men-delete konten yang sudah terindeks oleh search engine. Seringkali para blogger mengubah isi konten yang dirasa kurang tepat, dan menghapusnya diganti dengan konten yang baru. Perlu diketahui bahwa kegiatan tersebut akan berakibat buruk pada blog atau website. Karena walaupun sudah dihapus, mesin pencarian akan tetap mengindeks link konten tersebut pada mesin pencarian dalam waktu tertentu. Sehingga link tersebut menjadi tidak valid, dan dianggap sebagai spam.
  2. Salah menuliskan link adalah penyebab yang paling sering terjadi. Cukup banyak webmaster & blogger yang membuat broken link karena sering salah menuliskan alamat link yang ditautkan. Contohnya saja menuliskan alamat link namun kurang satu huruf, kurang tanda garis miring (/), kurang tanda penghubung (-), tidak menuliskan www, atau bahkan lupa belum  menuliskan alamat linknya (hanya berisi http:// saja). Hal-hal kecil tersebut ternyata memberikan dampak besar bagi link di situs Anda. Maka dari itu setelah selesai mencantumkan link, biasakan untuk memeriksa kembali satu per satu link tersebut. Agar tidak sampai terjadi broken link yang merugikan Anda

Jika kebetulan anda adalah pengguna wordpress, ada plugin yang dapat membantu anda mengatasi broken link dengan memasang plugin Broken Links Remover agar link yang sudah mati tersebut tidak muncul di search engine.

Setelah download Broken Links Remover Plugin for wordpress, lalu ekstrak dan tempatkan dalam direktori ‘wp-content/plugins’, selanjutnya aktifkan plugin dan lakukan pengaturan jika diinginkan. Setelah plugin aktif, plugin ini akan mencari bad link yang terdapat di blog Anda.

Comments are closed.