Komputasi awan untuk usaha kecil menengah dan korporasi

Komputasi awan bisa jadi solusi produktivitas untuk usaha kecil dan menengah (UKM). Juni 2011 lalu, Microsoft meluncurkan Microsoft Office 365, sebuah solusi berbasis komputasi awan, yang ditujukan bagi kebutuhan profesional, usaha kecil, menengah hingga enterprise.

Office 365 dipasarkan dengan harga berkisar dari $ 6 – $ 24 per pengguna per bulan. Dengan layanan sebagai berikut :

  1. Microsoft Exchange Online: Management Email, Contact, Task list yang bisa diakses dari Microsoft Outlook di PC, Outlook Web App di Internet Browser, dan secara mobile melalui Outlook Mobile.
  2. Microsoft SharePoint Online: Layanan untuk Kolaborasi, sharing, dan editing dokumen
  3. Microsoft Lync Online: Menyediakan fitur instant messaging, PC-to-PC audio/video conference dan web conference.
  4. Office Professional Plus: Sama dengan applikasi Office di desktop, perbedaannya terletak tidak hadirnya fitur Business Contact Manager di Office 365.

Layanan Office 365 menyediakan empat feature utama yang semuanya terintegrasi secara penuh. Tidak hanya itu, keempat feature tersebut juga akan memberikan banyak kemudahan bagi penggunanya dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan, berkomunikasi, serta berkolaborasi dengan rekan-rekan dalam tim kerja yang ada. Keempat feature tersebut adalah Exchange Online, SharePoint Online, Lync Online, serta Office Professional Plus.

Microsoft Office 365 yang menunjang produktivitas dan kolaborasi bisa jadi sebuah solusi bagi usaha kecil dan menengah di Indonesia. Tetap menggunakan perangkat lunak yang telah dikenal yaitu Microsoft Outlook dan Microsoft Office, kemudahan akses dimana saja, dengan perangkat komputer, ponsel atau via peramban, adalah kemudahan yang ditawarkan oleh Microsoft Office 365.

“Pendeknya, Office 365 adalah sekumpulan software berbasis komputasi awan уаng bisa diakses ѕесаrа online,” kаtа Irving Hutagalung, Technology Advisor Developer аnd Platform Group Microsoft Indonesia “Jadi, perusahaan atau UKM tak perlu lagi mengurus server mereka dan menyediakan ruangan khusus server dengan suhu tertentu. Server mereka akan diurus oleh perusahaan-perusahaan besar pemberi layanan komputasi awan,”

Comments are closed.

Read previous post:
Membangun personal branding lewat blog

Update content di blog secara rutin dan informatif, bog seperti ini tidak hanya akan menjadi baik di mata mesin pencari,

Close