Search engine marketing

“Search engine optimization mungkin hanya satu bagian kecil dari strategy internet marketing, tapi ini adalah bagian fundamental. Search engine marketing adalah landasan. Kalau Anda tidak ingin melakukan hal lain, “search engine placement” dan “keyword-related advertising” dapat memberikan 80% sampai 90% ROI Anda di Internet.”
– Brand Week Online Magazine

Search engin marketing atau biasa di sebut dengan SEM adalah sebuah usaha promosi dengan melakukan iklan pada kata kunci tertentu pada search engine seperti Google AdWords, Facebook Ads ataupun Yahoo Search Marketing. Pembayaran SEM biasanya dilakukan dengan cara pay per click ataupun pay per impression. Pay Per Click adalah sebuah perhitungan pembayaran iklan berdasarkan banyak click yang dilakukan oleh pencari di mesin pencari. Sedangkan Pay Per Impression, adalah cara perhitungan bedasarkan berapa kali penyangan iklan tersebut.

Mesin pencari lebih baik dari semua media lain dalam mengarahkan pengunjung ke situs web. Sebanyak 85% pengguna internet menggunakan mesin pencari untuk menemukan situs yang hendak mereka kunjungi dan mencari referensi produk yang akan dibeli. Sebagai contoh, situs ‘A’ adalah situs yang menjual keripik singkong. Pemilik situs’A’ tentu ingin agar jika calon konsumen bisa menjumpai situsnya di halaman depan search engine Yahoo atau Google ketika ia mencari dengan kat kunci “jual keripk singkong” atau bahkan “keripik singkong” saja. Tugas konsultan SEM adalah mengupayakan agar hal itu bisa terjadi. Karena jika sebuah situs bisa mendominasi beberapa kata kunci pencarian search engine berkaitan dengan produknya, bisa dipastikan omset penjulannya akan meningkat.

Singkatnya Search Engine Marketing adalah tindakan agar produk lebih dikenal luas dan mampu meningkatkan permintaan. Jika permintaan meningkat, maka penjualan juga meningkat. Penjualan meningkat = UNTUNG.


Comments are closed.

Read previous post:
Memulai bisnis amazon

Amazon.com merupakan sebuah website ecommerce yang sangat populer. Sekitar tahun 2007 orang lebih mengenalnya sebagai situs toko buku online, pada

Close