Linux

Modul Prestashop Untuk Toko Online Indonesia

modul prestashopModul prestashop adalah file fungsi yang dapat ditambahkan dan dihilangkan untuk menyesuaikan platform default dengan kebutuhan web developer pada saat membangun situs berbasis e commerce tersebut.  Prestashop sendiri adalah sebuah sofware yang cukup populer dengan kecepatannya dalam membangun sebuah toko online secara instant. Software ini berasal dari Perancis, dapat dilihat pada nilai estetika yang ditunjukkannya pada setiap template dan theme.

Namun bukan hanya menyediakan  3 bahasa standar seperti software yang lain, prestashop memberikan 41 paket modul prestashop untuk bahasa yang dapat digunakan oleh sang web developer.

Modul prestashop, baik yang gratis maupun berbayar, dapat digunakan secara langsung dengan menambahkannya ke dalam template default.

Ketika akan digunakan untuk membangun sebuah toko online dengan target pasar Indonesia, maka yang diperlukan adalah modul bahasa Indonesia, currency atau mata uang Indonesia yaitu rupiah dan juga beberapa modul yang berkaitan dengan jasa pengiriman yang ada di negara Indonesia. Para web developer Indonesia yang cukup expert dalam bahasa PHP menyadari kebutuhan ini dan mulai membuat modul prestashop yang berkaitan dengan fungsi-fungsi tersebut. Terdapat forum khusus pengguna prestashop hosting dari Indonesia. Forum ini, yang dapat ditemukan di situs resmi prestashop, telah cukup membantu  para web developer maupun para pemilik toko dari Indonesia untuk membangun web toko online mereka.

Meskipun prestashop dikenal sebagai open source pembangun toko online instant yang paling cepat dan modern, namun tetap diperlukan penyesuaian-penyesuaian yang harus dilakukan dengan menambahkan beberapa modul prestashop terutama berhubungan dengan negara target pasar. Modul prestashop untuk toko online Indonesia yang telah tersedia adalah fasilitas chek out keranjang belanja dengan bahasa Indonesia dan mata uang rupiah, modul ekspedisi pengiriman barang seperti JNE dan TIKI, juga modul sistem pembayaran online untuk beberapa bank lokal seperti BCA dan BNI.

Pengaturan modul-modul ini bisa dilakukan secara manual dengan mendapatkan modulnya satu-persatu dan menginstallnya menyesuaikan kebutuhan atau bisa juga dengan menggunakan sebuah paket software installer yang bernama prestanesia. Paket installer ini merupakan paket premium berbayar, informasi tentang kemampuan apa saja yang dapat dilakukannya dalam memudahkan penggunaan modul prestashop untuk toko online Indonesia dapat ditemukan di forum.

Comments are closed.