Info

Pengaruh nama domain terhadap SEO

Pengaruh nama domain terhadap SEO

Internet sudah menjadi bagian yang melekat pada kehidupan kita sehari-hari, tidak heran salah satu vendor search engine di dunia yaitu google selalu mengembangkan mesin pencarian mereka. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Google akhirnya menerbitkan domain gratis bagi pengguna internet. Hal ini ditujukan agar para pengguna internet dapat memanfaat media online yang sudah tersedia. Lalu apa yang dimaksud dengan domain itu sendiri?

Domain adalah penamaan yang diberikan untuk identifikasi nama server komputer (web server atau mail server) pada jaringan komputer atau pada jaringan internet. Domain digunakan untuk mempermudah pengguna/user dalam mengakses ke server tanpa harus mengingat IP server yang berupa deretan angka (misalnya: 123.123.123.123).

Hal berikutnya yang harus kita ketahui tentang domain ialah, branding website yang kita buat demi mengoptimalkan posisi website kita di situs pencarian atau yang bisa disebut juga SEO.

Apakah domain berpengaruh terhadap SEO? Pertanyaan seperti ini sering muncul bagi pengguna internet awam. Sebenarnya terdapat puluhan nama yang dapat digunakan, seperti .com, .info, .co.id, .tv, .net, .org, .us, .cc, biz dan lain sebagainya. Sehingga pertanyaan yang muncul salah satunya adalah “lebih bagus mana antara domain .com dengan .info atau yang lainya?”.

Baca juga: Tips Membeli Domain Untuk Personal Blog

Mungkin jawaban yang akan muncul adalah lebih bagus .com karena akan mudah dan lebih banyak di cari, karena secara tidak langsung dalam kalangan masyarakat domain .com lebih terkenal.  Yang perlu kita ketahui adalah domain tidak berpengaruh besar terhadap SEO, mungkin bisa dikatakan hanya 10% dari semua proses SEO. Kita dapat mengoptimalkan website kita tersebut dengan keyword yang kita tempelkan pada nama domain kita, dan tentunya sesuai dengan tema website kita.

Contoh, apabila website kita tentang hosting, maka kita berikan nama domain dengan hosting.com atau hosting.co.

Setelah kita sudah mempunyai nama domain yang mengandung kata kunci yang sesuai tema website dan dirasa berbeda dari yang lain, tentunya proses optimalisasi di mesin pencarian pun tidak begitu sulit, karena kita sudah mempunyai posisi yang kuat dalam mesin pencarian.

Segera miliki domain yang kalian inginkan di Jakartawebhosting.com, sebelum direbut oleh orang lain.

bannerJakartaWebHosting