E-Lifestyle

Tau Gak? Blogging itu Bermanfaat Untuk Orang Lain Loh!

Tahukah Anda? Blogging itu bukan hanya bermanfaat untuk diri kita sendiri, tapi juga buat orang lain. Blog dapat menjadi sarana bagi kita untuk berbagi ilmu dan informasi bagi orang lain. Kenapa demikian? Ya, karena sebuah postingan idealnya mengandung hal-hal berikut yang akan sangat banyak dicari oleh para pengguna internet, seperti:

  1. Tutorial (How to)

Postingan jenis ini memaparkan bagaimana cara melakukan atau membuat sesuatu. Akan lebih baik jika tutorial ini merupakan hasil pengalaman Anda (jangan copy paste tutorial orang lain), sehingga tulisan Anda unik.

  1. Pencapaian Pribadi

Jenis postingan ini menceritakan kesuksesan Anda dan bagaimana cara Anda mencapainya. Mungkin Anda ragu untuk menuliskan jenis postingan ini karena khawatir dianggap narsis (melebih-lebihkan diri sendiri).

  1. Review (Ulasan)

Jenis postingan ini megulas seluruh aspek suatu produk atau layanan dan terbagi menjadi dua macam yaitu review dibayar dan review pribadi. Di luar review berbayar, review pribadi merupakan hal yag relatif mudah dilakukan. Anda bisa mereview blog teman Anda (baik positif atau negatif), review lagu-lagu dari band favorit Anda, review film terbaru, dan sebagainya.

  1. Postingan Daftar

Postingan jenis ini mendaftar (menyenaraikan) beberapa hal penting dari suatu topik. Jenis postingan ini merupakan salah satu jenis postingan yang banyak dibuat oleh para blogger.

  1. Wawancara

Postingan jenis ini menampilkan hasil wawancara dengan orang-orang terkenal atau bisa juga para sahabat. Selain untuk mempererat persahabatan dan networking, wawancara juga untuk memperoleh opini seseorang yang dipandang mumpuni di bidangnya.

  1. Profil

Jenis postingan ini menampilkan lebih detail mengenai latar belakang, pendidikan, kesuksesan, atau aktivitas seseorang yang terkenal. Misalnya, saat dulu merebak kasus cinta segitiga, banyak blog yang menampilkan profil Rani Juliani.

  1. Postingan Link

Ini berupa postingan yang membahas singkat atau menampilkan semua poin-poin penting (tanpa pembahasan) suatu topik yang diambil dari tulisan blog lain. Misalnya, Blog A menulis 10 Cara Jitu Meningkatkan Pelanggan RSS.

Blog dibuat sedemikian rupa untuk tujuan yang mulia. Yakni berbagi ilmu pengetahuan dengan orang lain. Banyak blogger yang mengesampingkan pendapatan dari blog mereka. Secara gratisan mereka berbagi ilmu dengan pembaca. Nah, salah satu blog yang secara konsisten ingin berbagi ilmu pada para pembaca adalah , //8facts.tumblr.com/. Nikmati segala keistimewaan konten gratisan yang ada dalam blog tersebut. Ngeblog adalah berbagi. Ya berbagi ide, berbagi pemikiran, berbagi pengetahuan, berbagi ilmu, berbagi foto kenangan dan sebagainya. Ilmu yang yang bermafaat adalah apabila sudah di peroleh dibagikan dengan yang lain, maka itulah yang namanya ibadah.

Baca juga: Kurang Keren? Kurang Eksis? Ayo Mulai Blogging!

Bukan hanya Anda akan menjadi sosok yang bermanfaat bagi orang lain karena sudah berbagi ilmu, ngeblog  juga mendatangkan banyak manfaat untuk Anda, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Anda mampu menulis

Banyak orang yang tidak suka menulis. Mereka lebih senang membaca atau menonton. Sebagai blogger, Anda berbeda dari mereka.

Anda mampu menulis karena salah satu syarat menjadi blogger adalah senang menulis.

Tulisan Anda memang tidak atau belum sebaik sastrawan dan wartawan, namun Anda tetap saja unggul dari mereka yang hanya mampu membaca dan menonton.

  1. Anda tahu ilmu marketing

Disadari atau tidak, sebagai blogger Anda tahu ilmu pemasaran (marketing). Hal ini dicerminkan dari cara Anda membuat judul tulisan yang menarik minat baca pengunjung, mempromosikan diri melalui postingan tamu, memberikan komentar berkualitas saat blog walking, membuat sales letter, SEO, dan sebagainya.

  1. Anda melek perkembangan teknologi terbaru

Sekarang ini kita hidup di era informasi, di mana teknologi informasi berkembang secara cepat. Sebagai blogger, Anda tentunya melek perkembangan teknologi itu. Sebagai contoh, Anda membuat tutorial dalam format video dan mengunggahnya ke Youtube. Anda menggunakan Twitter untuk berkicau dengan pengikut Anda. Atau, Anda menggunakan Facebook untuk mempromosikan blog Anda.

Ayo mari kita membuat blog yang bermanfaat bagi semua pembaca di JakartaWebhosting.com!

5f9a4520_smush_Banner_300x250