Apple Akan Gunakan Baterai Sel Hidrogen

Apple sebagai brand terkemuka di dunia saat ini dikabarkan sedang mengembangkan baterai untuk semua perangkatnya baik iPhone, iPad maupun MacBook dengan teknologi sel hidrogen (fuel cell). Dengan teknologi hindrogen ini, maka ukuran baterai yang digunakan akan semakin kecil serta kapasitas dayanya semakin besar dan tahan lama.

Seperti diketahui sebelumnya sel berbahan bakar hidrogen bekerja dengan cara mengubah hidrogen dan oksigen ke dalam air dan energi listrik. Teknologi ini telah lama dipuji sebagai sumber tenaga potensial untuk pembersih mobil.Dan kini perusahaan elektronik juga mulai tertarik mengganti baterai yang memakai racun kimia dengan bakar hidrogen yang lebih ramah lingkungan, karena lebih tahan lama dan hanya memproduksi air sebagai limbahnya. “Bagi Apple akan sangat menantang dalam merancang sistem sel bahan bakar hidrogen yang portabel, dengan biaya murah, dan bisa digunakan untuk perangkat elektronik portabel,” kata sumber Apple.

Sel yang berbahan bakar hidrogen lebih kecil dan enteng dibandingkan pada baterai biasa. “Sel dan bahan bakar itu berpotensi mencapai volumetrik tinggi, dan kepadatan energi gravimetri, yang memungkinkan operasi perangkat elektronik portabel berjalan hingga beberapa minggu lamanya,” kata Apple.

Meskipun Apple belum akan menerapkan dalam waktu dekat, namun ini adalah kabar baik. Bisa dipastikan teknologi hidrogen ini, tentunya akan mengubah pasar baterai secara keseluruhan di masa depan.

 

Comments are closed.

Read previous post:
HTC dengan Ice Cream Sandwich

Android 2.4 merupakan versi terbaru sistem operasi open source besutan google yang juga dikenal sebagai Android 4.0 atau Ice Cream

Close