Windows

NopCommerce untuk toko online dengan asp

CMS yang banyak kita kenal pada umumnya adalah berbasis pemrograman PHP. Tapi itu bukan masalah, jika menginginkan paket web eCommerce open source handal yang berjalan di atas platform Windows Server, nopCommerce adalah salah satu solusinya. Dilengkapi fitur-fitur standar eCommerce berupa katalog, shopping cart, checkout, berbagai cara pengiriman dan pembayaran, nopCommerce telah memenuhi syarat kelengkapan sebuah paket eCommerce. Di samping itu, nopCommerce juga menawarkan fitur-fitur lain yang cukup menarik misalnya program afiliasi. nopCommerce adalah open source e-commerce solusi yang berbasis ASP.NET 3.5 dengan database MS SQL 2005 (atau lebih tinggi)

Dari sisi lain sebagai pemilik toko online yang berfokus pada benefit dan cost, sebenarnya tidak terlalu penting untuk memikirkan apakah paket eCommerce kita berjalan di atas Linux atau Windows, php atau asp. Parameter yang dipakai adalah benefit yang kita peroleh dari menggunakan paket eCommerce, dan cost yang harus kita keluarkan selama menggunakan paket tersebut.

nopCommerce juga gratis. Artinya kita tidak perlu membeli lisensi software tersebut untuk bisa menggunakannya. Perlu diperhatikan bahwa yang gratis di sini adalah aspek akuisisinya. Sedangkan aspek operasionalnya seperti hosting dan domain tetap memerlukan biaya namun itu juga tidak mahal, karena jakarta webhosting memberikan paket-paket murah.

Fitur unik yang tidak dimilij e commerce lain adalah adanya fitur afiliasi pada nopCommerce, yang merupakan kemampuan sistem untuk menjadikan web milik orang lain sebagai agen pemasar produk-produk kita dengan cara menampilkan link produk kita. Setiap pembelanjaan produk yang berasal dari rekomendasi web afiliasi akan tercatat dalam sistem nopCommerce termasuk total order yang dipesan. Dari situ kita bisa menghitung besarnya ‘komisi’ yang menjadi hal dari pemilik web site yang terhubung dalam program afiliasi kita (kurang lebih seperti amazon)

nopCommerce juga menyediakan fitur forum diskusi yang sangat bermanfaat sebagai sarana diskusi pengunjung mengenai berbagai hal yang berkaitan dengan toko online. Forum diskusi ini bisa dijadikan sebagai knowledge base toko online bagi para pengunjung yang ingin mengetahui lebih jauh tentang toko online maupun produk-produknya dari diskusi dengan pengunjung lain maupun dengan pemilik toko online.

Sebagai salah satu paket eCommerce open source yang berjalan di atas platform Windows Server, nopCommerce memiliki fitur-fitur standar yang mesti terdapat dalam sebuah paket eCommerce. Tidak hanya itu, nopCommerce juga memiliki beberapa fitur menarik seperti afiliasi, checkout anonim, blog, dan forum. Berdasarkan fitur-fitur ini dan pertimbangan benefit dan cost dalam menggunakan nopCommerce, nopCommerce termasuk salah satu paket eCommerce yang layak dipilih untuk menjalankan toko online kita.

Comments are closed.