Tips

Tips memulai branding di twitter

Twitter adalah social media yang sangat besar, dan indonesia adalah salah satu negara sebagai pengguna twitter yang sangat pesat pertumbuhannya. Selain facebook social media ini tercatat sebagai website dengan pertumbuhan tercepat dan teraktif. Sehingga sangat disarankan sekali bagi anda untuk terjun dan memanfaatkan layanan ini untuk bisnis anda

Karena begitu aktifnya masyarakat indonesia dalam menggunakan twitter, sampai muncul istilah yang cukup menghebohkan dimana jakarta disebut sebagai “ibu kotanya twitter” di negara “twitterland” hal ini tentu sangat luar biasa.

Hanya saja menggunakan twitter untuk bisnis berbeda dengan blogging biasa, sekalipun masih sama sama microblogging. Pada twitter sendiri ada peraturan tidak resmi bahwa anda tidak boleh “langsung jualan”. Follower lebih suka account publik dengan tweet yang berisi tentang sharing ketimbang promosi.

Istilah-istilah pada twitter :

  1. Follower: adalah orang yang mengikuti kita dan mereka akan menerima setiap pembaharuan status  yang kita lakukan. Hampir sama dengan status di Facebook.
  2. Following: artinya orang yang kita ikuti, dan kita akan menerima setiap update status yang dia lakukan.
  3. Reply: balasan. Untuk melakukan balasan, cukup klik ‘Reply’ yang terletak persis dibawah kotak pengisian tweet. Artinya kita akan membalas atau merespon status orang tersebut.
  4. ReTweet: men-tweet ulang status orang lain atau menerbitkan status orang tersebut di status kita. Hal ini dilakukan dengan berbagai alasan mungkin untuk mengomentari statusnya tersebut, atau sekadar mempublikasikan ulang statusnya tersebut karena statusnya menarik atau memberi inspirasi dan bermanfaat buat folower kita.
  5. Direct Message: sering pula disebut DM, adalah pesan personal, seperti message di Facebook. Pesan ini tidak terpublikasikan di timeline (wall kalau di Facebook), jadi hanya kita saja yang bisa membacanya.
  6. Trending Topic: topik/isu yang lagi hot atau sedang hangat dan ramai dibicarakan orang.
  7. Favorites: dipakai untuk menyimpan tweet tertentu yang diinginkan (karena kita sukai tentu saja).

Comments are closed.