Pentingnya niche untuk sebuah blog

niche marketBagi seorang pemasar baik itu offline maupun online pastinya tidak asing lagi dengan yang namanya niche market atau ceruk pasar. Namun apa sih sebenarnya definisi Niche? Menurut kamus Oxford: niche berarti “a specialized but profitable corner of the market” atau dengan kata lain adalah segmen pasar yang sangat spesifik tapi menguntungkan. Di era komunikasi multimedia seperti ini, tentunya bukan hal yang sulit bagi siapapun untuk mendapatkan berbagai informasi bahkan yang gratis sekalipun seperti dari internet, TV, radio atau media lain.

Namun rasanya hampir semua informasi yang diterima melalui berbagai media tersebut tidak semuanya sesuai dengan kebutuhan anda? Bahkan kadang-kadang, kita perlu berjam-jam sampai berhari-hari mencari informasi yang berkualitas sesuai dengan kebutuhan anda pada saat itu.

Beberapa alasan kenapa blog kita harus sesuai dengan niche market :

  1. Bahwa pencari informasi saat ini memiliki kecenderungan untuk mencari informasi dari seorang professional dibidangnya karena dapat memberikan informasi secara komprehensif dan memberikan solusi yang tepat. Dalam dunia offline, hal tersebut sudah teruji kebenarannya.
  2. Menentukan satu niche akan memudahkan anda mempelajari dan kemudian memberikan informasi berkualitas dan mendetail kepada pasar anda. Sebagai perumpaan sederhana, layaknya seorang dokter, secara umum seorang pasien lebih mendengarkan seorang dokter spesialis daripada dokter umum.
  3. Memudahkan pengunjung dalam memilih informasi yang sesuai dengan kebutuhannya, meski kadang ada blogger nakal yang menggunakan semacam plugin robot untuk menggenerate content hal ini lebih baik di hindari. Blog seperti ini rentan terkena banned

Cara efektif membangun blog dengan niche yang baik :

Meskipun membuat artikel yang berkualitas adalah faktor pendukung yang sangat baik untuk sebuah blog, namun membuat content yang sesuai dengan target pasar pastinya akan lebih banyak memakan waktu, tenaga dan pikiran. Namun jika anda melakukannya, itu berarti anda telah membangun landasan yang kokoh untuk meningkatkan trafik dan pengunjung setia anda di masa yang akan datang (jangka panjang).

Update blog secara berkala dan memberikan content berkualitas secara konsisten akan sangat menentukan hasil akhir dan kelangsungan hidup blog. Dan yang paling penting adalah potensi keuntungan jangka panjang dari blog khusus anda baik dari sisi bisnis maupun popularitas.

Comments are closed.

Read previous post:
Membedakan niche untuk blog anda

Niche sangat penting ketika anda memutuskan untuk membuat blog, apalagi blog tersebut di tujukan untuk monetize. Memilih niche untuk blog

Close