Memilih nama untuk blog

blog nameSetelah memahami pentingnya memiliki blog maka yang harus diperhatikan berikutnya adalah bagimana memilih nama blog yang baik dan tepat. Sama halnya dengan nama orang, nama untuk blog juga belum tentu mencerminkan sebuah kepribadian, tapi paling tidak gambaran kasar kita dapat ketika kita membaca atau mendengar sebuah nama.

Terkadang kita membuat blog tanpa perencanaan yang matang, hanya sekedar ikut-ikutan.  Hal ini akan menjadikan kita bingung dalam memilih tema tulisan dan nama blog, kebingungan ini bukan hal yang aneh saat kita akan membuat blog. Hal seperti ini di alami oleh hampir semua orang yang pertama kali membangum blog.

Jika blog yang ingin dibuat benar benar untuk jangka panjang, maka mulailah dengan memilih nama blog yang baik. Dibawah ini adalah tips nya :

  1. Yang harus dipikirkan adalah bagaimana hanya dengan membaca sebaris kata, pembaca bisa mengerti blog tersebut tentang apa. Potensi terbesar orang akan mengunjungi blog melalui search engine adalah dengan memperhatikan nama blog yang paling relevan dengan artikel yang dicarinya.
  2. Agar mudah diingat, buatlah nama blog yang pendek dan jangan pula terlalu panjang. Nama blog cukup satu kata saja atau dua kata. Jika terlalu panjang akan sulit untuk diingat. Contoh kasus dapat Anda lihat pada beberapa blog yang sudah terkenal di Indonesia. Mereka membuat nama blog yang sederhana namun sangat mudah diingat.
  3. Perhatikan huruf, numerik dan penggunaan notasi-notasi yang tidak perlu. Jangan menggunakan kombinasi huruf dan angka yang membuat bingung pengunjung blog. Mungkin Anda pernah menemukan bog dengan nama yang ada kombinasi huruf, angka, simbol atau notasi-notasi tertentu. Wow, sangat kacau dan tidak baik bagi mesin cari seperti google.
  4. Usahakan blog berisi sesuatu yang unik misalnya membuat nama blog seperti judul film atau hal-hal yang kontroversial.Keunikan seperti ini akan menjadi satu daya tarik tertentu bagi pengunjung. Unik bisa juga berupa nama yang lucu atau seram dan mengerikan. Terserah saja, pokoknya beda dari yang lain.

Uraian di atas hanya beberapa dari tips membuat blog yang baik, blog yang baik sangat penting untuk jangka panjang. Apalagi jika anda berniat mencari uang dari blog tersebut.

Comments are closed.

Read previous post:
Kesalahan bertukar link pada blogger pemula

Tidak bisa dipungkiri, backlink dari blog lain menjadi kebutuhan tersendiri bagi pemilik blog, baik dalam hal popularitas maupun untuk memenuhi

Close