Keunggulan linux dari sisi pengguna

linuxBanyak orang lebih suka menggunakan windows daripada linux, karena windows memang lebih mudah di gunakan dan fitur yang diberikan sangat user friendly.

Walau demikian tidak sedikit juga orang yang menggunakan linux dengan berbagai macam alasannya, biasanya linux digemari oleh para programmer yang berbasis open source. Beberapa poin penting yang menjadi alasan kenapa memilih linux adalah :

Lisensi Sistem Operasi
Semua software ini bisa didapat gratis berdasarkan lisensi GNU General Public License (lihat: http://www.fsf.org/copyleft/gpl.html) atau lisensi-lisensi lain yang mirip dengan itu. Berdasarkan lisensi ini, siapa pun bisa mendapatkan program baik dalam bentuk source code (bisa dibaca manusia) mau pun binary (bisa dibaca mesin), sehingga program tersebut dapat diubah, diadaptasi, mau pun dikembangkan lebih lanjut oleh siapa saja.

Kemudahan Akses Device

Device atau perangkat di linux umumnya muncul sebagai file, (http://sunsite.unc.edu/LDP/LDP/sag/). Sehingga program-program bisa membaca dan menulis ke device-device seperti tape drive, modem, terminal, dan sebagainya. Hal ini membuat hampir semua device bisa diakses oleh semua bahasa pemrograman, dengan meniadakan ketergantungan terhadap Application Programming Interfaces (API) yang spesifik dengan bahasa pemrograman tertentu.

Sedangkan di Windows, yang menggunakan model API, banyak perangkat yang hanya bisa diakses melalui C dan bahasa lain yang sejenis, dan membutuhkan program adapter untuk bisa diakses dari bahasa lain.

Komunitas Pengguna

Salah satu kunci keunggulan linux adalah komunitas penggunanya. Karena komunitas pengguna linux meliputi komunitas developernya juga, maka respon atas pertanyaan kompleks yang ditanyakan akan dijawab hanya dalam waktu setengah jam atau paling lama satu hari. Banyak tersedia forum untuk mendapatkan respons dengan cepat.

Comments are closed.

Read previous post:
Mitos serta kenyataan,blog nodofollow

Dalam hal blog walking (berkomentar di blog lain) untuk meninggalkan url, pemburu backlink biasanya berfikir dulu sebelum komentar. Apakah blog

Close