Apa kelebihan Drupal ?

DrupalSebuah Framework yang Solid

Drupal merupakan sebuah framework yang sangat solid. Jika kelas-kelas pengguna dalam CMS lain sudah terpatri sejak instalasi dan tidak dapat diubah sama sekali (hanya ada administrator, publisher, dll.).

Dalam Drupal, kelas user dapat dibuat berapa saja. Ingin berbagi tugas administrasi berita dan forum ke dua orang yang berbeda, dan masing-masing dilarang mengganggu kerja yang lain? Tidak masalah dalam Drupal.

Drupal juga sangat baik dalam hal kategorisasi konten.


Support database selain MySQL

Drupal 6 memiliki database abstraction layer sendiri. Jadi sangat mudah untuk menggunakan RDBMS lain selain MySQL. Dan untuk mengubah itu diperlukan code baru karena query yang ada pada joomla hanya untuk MySQL.


Update Otomatis

Setiap module mempunyai update otomatis, jadi anda tidak perlu mengupdate module satu-persatu dan itu akan merepotkan.


Fitur-fitur yang Modular

Di CMS lain, anda tidak bisa mematikan fitur lain seperti komentar atau upload gambar. Tetapi dengan Drupal, anda bisa.

Selain itu, karena sistemnya yang fleksibel sekaligus ketat, banyak modul Drupal yang saling menambah fitur satu sama lain. Di CMS lain, ada banyak extension yang memiliki fitur yang (hampir) sama, atau hanya merupakan gabungan dari dua extension.


Development yang Cepat

Kecepatan development Drupal berbeda dengan Joomla. Sebagai contoh, Drupal 6 dirilis lebih dahulu daripada Joomla 1.5, padahal versi Joomla sebelumnya sudah lebih tua daripada versi Drupal terdahulu.

Selain itu para developer Drupal sangat yakin akan fitur-fitur yang mereka tambahkan dalam setiap rilis, sampai-sampai mereka berkomitmen bahwa setiap rilis yang menambah fitur akan menambah satu major version number (misalnya dari 5.7 ke 6.0). Berarti, ada sangat banyak perubahan dalam satu kali rilis.


Lebih Ringan / Lightweight

Drupal-6.1.tar.gz hanya sebesar sekitar 1 MB. Saat diekstraksi, Drupal 3.3 MB. Dalam drupal-6.1.tar.gz? Hanya ada 463 file!

Mungkin Anda berpikir, mengapa masalah besar file saja menjadi masalah besar, bukankah hard disk di rumah saya saja sudah sebesar 40 GB / lebih, apalagi di server ?  Bukan itu masalahnya. Makin sedikit besar file maka makin sedikit kode PHP yang ada. Maka:

  • makin sedikit kode yang harus dieksekusi oleh webserver.
  • makin sedikit tempat bug bersarang.
  • makin sedikit jumlah kode yang harus dibaca seorang programer yang ingin mencoba meng-hack, memperbaiki, atau menambah fitur pada Joomla/Drupal.

Dan tentu saja, Drupal terbaru bisa anda gunakan dalam Hosting Plan kami yaitu Drupal Hosting. Jakartawebhosting.com. Dan nikmati segala layanan dan kecanggihan dari Drupal disini.

 

drupal hosting

Comments are closed.

Read previous post:
DotNetPanel Control Panel Hosting

Jakarta Webhosting menyediakan DotNetPanel Control panel untuk semua client Hosting Windows . Hingga saat ini DotNetPanel adalah control panel paling

Close