Sistem operasi Mozilla untuk perangkat mobile

mozilla osPengembangan software dan aplikasi adalah bisnis yang membutuhkan investasi yang sangat besar, kekeliruan untuk satu hal akan membuat vendor frustasi. Namun hal itu sepertinya tidak menyurutkan niat mozilla untuk ikut terjun ke panasnya persaingan OS untuk perangkat mobile, apakah itu Android, IOS, WebOS BlackBerry, Windows Telepon, dan banyak lagi, sehingga kebanyakan vendor merasa enggan jika harus memuat sistem operasi baru. Bahkan kebanyakan produsen perangkat mobile lebih memilih menggunakan sistem oerasi yang sudah ada.

Tapi tanpa terlalu banyak diberitakan ternyata Mozilla yang selama ini lebih dikenal sebagai browser handal telah mengumumkan sebuah proyek percobaan baru yang disebut Boot to Gecko (B2G) dengan tujuan proyek ini adalah untuk mengembangkan sebuah sistem operasi yang menekankan standar berbasis teknologi Web. Dengan fokus awal sebagai kontributor sistem operasi smartphone dan tablet.

Walaupun sebenarnya proyek ini masih pada tahap awal perencanaan. Mozilla memiliki beberapa ide tentang bagaimana ia ingin melanjutkan dalam jangka panjang, dengan beberapa keputusan-keputusan nyata yang tampaknya telah dibuat tentang tempat untuk memulai dan apa yang teknologi yang sudah ada untuk digunakan.

Mozilla juga bermaksud untuk mempublikasikan OS ini secara terbuka (open source). Hal ini bisa membuat proses pembuatan dan pengembangan akan lebih banyak mendapat kontribusi dari manapun, termasuk dari pengguna Mozilla. Untuk hal ini Mozilla seolah-olah terinspirasi kesuksesan Google untuk sistem operasi Android dan juga chrome OS nya Bahkan disebut-sebut kemiripan antara OS ini dengan chrome terlihat jelas pada tampilan

Tujuan dasar dari proyek B2G adalah untuk mengeksplorasi dan memperbaiki daerah dimana standar Web saat ini tidak mencukupi untuk membangun aplikasi mobile yang modern. Alih-alih melakukan pembaruan, Mozilla justru terlihat berusaha untuk mengusulkan standar baru sekaligus mendominasi dalam mengatasi tantangan yang muncul selama pengembangan dunia website. Inilah yang akhirnya melahirkan aplikasi yang khusus dikembangkan untuk B2G.

Sampai saat ini belum ada kabar lebih lanjut mengenai sistem operasi ini, untuk preview anda bisa lihat video dibawah

Comments are closed.

Read previous post:
Mengenal jenis distro linux

Distro Linux atau yang lebih dikenal di Indonesia dengan istilah Distribusi Linux adalah gabungan antara kernel asli Linux dengan berbagai

Close