Mengatasi spam pada komentar wordpress

spammersKomentar dalam sebuah artikel (comment post) memang sangat diharapkan oleh setiap blogger, baik newbie maupun advance, karena dengan adanya komentar ini pemilik blog dapat melihat seberapa besar feedback dari isi materi/informasi yang disampaikan, baik feedback berupa tanggapan, masukan, kritikan, atau hanya sekedar ucapan terima kasih dari pengunjung yang datang.

Lantas apa itu komentar sampah (junk comment). Jika kamu sering blog walking dan ber-googling ria pasti sudah tahu mengenai hal ini. Komentar sampah adalah komentar-komentar yang tidak ada kaitannya dengan isi materi/informasi yang disampaikan di dalam artikel (post). Dalam bahasa sederhana, komentar sampah ini bisa dikatakan sebagai komentar yang “gak nyambung”. Maka tentu saja, sebagaimana sampah, komentar jenis ini hanya akan mengotori kolom komentar sehingga layak untuk disapu bersih dan dimasukkan ke dalam tong sampah.

Cara yang biasa dilakukan oleh para blogger dalam mengatasi spam diantaranya :

  • Dengan mematikan fungsi komentar di artikel anda. Akan tetapi cara ini akan merusak komunikasi antara anda dengan penggemar website anda.
  • Dengan memberlakukan moderasi pada komentar, kita dapat memilih mana komentar-komentar yang layak diterima (ditampilkan) dan mana yang tidak. Sayangnya cara ini merepotkan karena harus dicek satu persatu mana yang spam dan mana yang bukan
  • Bagi pengguna wordpress bisa menggunakan plug in Akismet, plugin bisa didapatkan di Akismet.com. Sampai sekarang, plug in ini termasuk yang paling ampuh untuk mengatasi persoalan ini. Ketika Akismet mencurigai sebuah comment adalah spam, biasanya mereka akan menahan tampilnya komentar tersebut. Plugin ini sangat sensitif, seringkali askismet menahan komentar yang sebetulnya bukan spam. Karena itu anda perlu sering mengeceknya di halaman komentar dalam dashboard blog anda. Dan secara manual menghapus komentar yang anda anggap spam, dan menyetujui tampilnya komentar yang bukan spam.
  • Jangan menjadi spammer, Jika kita sering meninggalkan komentar spam di blog orang lain, besar kemungkinan orang lainpun akan berbuat hal yang sama di blog kita. Memang tidak mudah untuk membudayakan komentar santun ini, karena seringkali kita dengan “terpaksa” harus berkomentar pada sesuatu yang tidak menarik minat kita.

Comments are closed.