Kenapa Dedicated Server Membutuhkan Biaya yang Tinggi

Dedicated server adalah tipe hosting yang memberikan penawaran fasilitas server dengan skala penuh kepada satu akun pengguna saja. Jadi, jika Anda membeli dedicated server, maka Anda akan mendapatkan akses penuh terhadap server tersebut. Akan tetapi, Anda harus paham betul mengenai dedicated server sebelum menggunakannya. Selain itu, pemasangannya pun harus dikelola secara maksimal karena banyak pengaturan yang harus Anda pahami. Dengan layanan tersebut, Anda bisa melakukan instalasi sistem operasi sendiri. Selain itu, Anda bisa memilih jenis sistem operasi yang ingin Anda gunakan untuk website Anda.

Kenapa Dedicated Server Membutuhkan Biaya Tinggi
Dedicated server adalah infrastruktur yang digunakan untuk kebutuhan akses yang cepat dan dengan kapasitas yang besar. Dedicated server ini dibandrol dengan harga yang sangat tinggi, karena server ini memiliki sistem manajemen yang bisa Anda atur sendiri. selain itu keamanannya sudah terjamin dan bisa dipercaya.

Dilihat dari harga, harganya terbilang yang paling mahal diantara produk lainnya. Hal ini tidak mengherankan karena memiliki keistimewaan sumber daya yang tidak dimiliki oleh server lain dimana dedicated server memiliki resource yang utuh. Maka dari itu, tidak semua perusahaan menggunakan layanan ini. Karena biasanya yang menggunakan layanan ini yakni perusahaan yang telah memiliki database yang cukup besar serta memiliki sistem pengelolaan yang kompleks. Berikut ini ada beberapa alasan kenapa dedicated server ini membutuhkan biaya yang tinggi.

1.Aman
Tak heran jika dedicated server ini memiliki harga yang cukup tinggi, karena server ini terbilang aman. Mengapa bisa aman? Karena jika terjadi sesuatu pada server Anda atau mengalami kerusakan pada fisiknya, maka Anda tidak perlu bertanggung jawab terhadap server tersebut. Justru server tersebut akan mendapat jaminan dan perbaikan dari tempat awal di mana Anda beli.

2.Efektif
Dengan dedicated server, Anda tentu tidak perlu repot mengawasi server utama maupun server fisik yang Anda miliki. Penggunaan dedicated server inilah yang membuat kinerja lebih efektif. Penyedia layanan dedicated server juga dapat mengontrol server milik Anda. Namun, Anda tidak perlu khawatir dengan situasi fisik server. Pasalnya penyedia layanan dedicated server selalu memonitor setiap server yang disewakan.

3.Akses penuh
Pelayanan akses penuh memang tidak dimiliki oleh semua server. Dan ini yang membuat dedicated server memiliki harga yang cukup mahal. Maksudnya server ini mempunyai sistem atau control panel yang dapat Anda pilih sendiri dari windows, debian, ubuntu atau centos. Sehingga, dapat menyesuaikan dengan kebutuhan yang Anda inginkan.

Selain itu, Anda juga memiliki aksess root penuh sebesar seratus persen terhadap server Anda. Sehingga jika Anda akan melakukan sebuah konfigurasi pada server, Anda dapat melakukannya dengan mudah. Akan tetapi, apabila membutuhkan bantuan dalam melakukan konfigurasi, Anda bisa juga meminta bantuan kepada penyedia layanan.

4.Tidak Terganggu Loading Pengunjung Lain
Selain itu, tak heran jika dedicated server ini di bandrol dengan harga yang tinggi. Karena jika dengan menggunakan server ini, maka Anda tidak lagi berbagi resource server dengan pengguna lain. Sehingga apabila website yang Anda miliki sedang memiliki jumlah pengunjung yang tinggi atau memiliki aktivitas yang padat, maka server ini sangat pas untuk Anda. Anda tidak perlu terganggu oleh loading pengunjung lain.

5.Lebih Tahan
Alasan kenapa dedicated server ini memiliki harga yang cukup tinggi, salah satunya karena server ini memiliki daya tahan yang lebih baik. Penggunaan server ini akan membuat Anda menemukan customer service yang lebih baik, karena mereka menganggap Anda menggunakan paket yang lebih mahal dengan perusahaan hosting yang mendapatkan keuntungan.

6.Akses Lebih Cepat
Selain itu, dedicated server ini memiliki akses website luar biasa cepat. Karena Anda menggunakan server sendiri untuk hosting website Anda, otomatis website Anda menjadi lebih cepat loadingnya dibanding dengan menggunakan hosting yang type “shared”. Jadi, Anda tidak perlu takut lagi jika website Anda susah atau down saat diakses karena ada orang lain yang menggunakan bahakan menghabiskan bandwith server.

Nah, itulah tadi beberapa alasan kenapa dedicated server memiliki harga yang tinggi. Anda tidak perlu lagi ragu jika ingin menggunakannya pada website Anda. Karena server ini sangat diperlukan untuk menjalankan website Anda agar segala urusan yang berkaitan dengan website Anda baik itu dalam bidang usaha, bisnis atau hal yang lainnya bisa lancar. Walaupun tidak semua website memerlukan hosting jenis dedicated server, namun server ini bisa Anda coba dipasang pada website Anda. Sehingga Anda tidak masalah jika harus membeli atau menyewa dedicated server ini, meskipun harganya mahal. Karena banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan layanan ini pada website Anda. Anda harus seera memasang dedicated server ini demi kelancaran dan kesuksesan usaha dan bisnis Anda ke depannya

Read previous post:
Tentang Nama Domain dan Istilahnya
Tentang Nama Domain dan Istilahnya

Tentang Nama Domain dan Istilahnya Nama Domain, Rasanya hampir sebagian orang yang mengakses internet mengerti apa itu nama domain. Namun,

Close