Tutorial Membangun Web Toko Online Dengan WordPress

Web toko online merupakan salah satu sarana untuk mendapatkan uang paling cepat dari internet. Tentu saja jika sudah diisi dengan konten-konten menarik sebagai komoditi dagang. Beberapa pemain bisnis online masih mengandalkan keahlian para web master dalam mewujudkan web toko online mereka, namun tidak jarang pula yang membangun milik mereka sendiri. Bagi yang memiliki keinginan untuk mempelajari sendiri cara membangunnya, tersedia beberapa open source yang sangat mudah dipahami dan cocok digunakan untuk pemula. Salah satunya adalah WordPress.

Baca juga: Perbandingan Kelebihan WordPress Dengan Platform Lain

Web toko online yang dibangun dengan menggunakan WordPress akan memiliki tampilan yang beragam dengan tingkat kompleksitas yang berbeda. Semua bisa dipelajari dalam sebuah tutorial membangun web toko online dengan WordPress yang dapat ditemukan di blog-blog pribadi, forum-forum terbuka dan atau start up baru dalam bidang bisnis online.

WordPress hosting sangat mudah digunakan, telah tersedia begitu banyak theme-theme yang gratis maupun premium untuk mendapatkan sebuah web toko online yang dinamis dan menarik. Begitu pula perlengkapan untuk mendatangkan pengunjung dan mempertahankan posisinya di mesin pencari yang berupa plug in dan  bisa didapatkan gratis dari wordpress.org, atau jika menginginkan yang lebih powerfull bisa mencari yang berbayar atau premium untuk mendongkrak tingkat penjualan.

Agar Anda dapat lebih memahaminya kami menyusun sebuah tutorial membangun web toko online dengan WordPress yanng sederhana dalam beberapa langkah praktis ;

  1. Persiapan. Pada tahap ini yang harus dipersiapkan dalah nama domain yang berhubungan dnegan komoditi dagang, gambar-gambar yang akan diunggah untuk mengisi toko, kemitraan dengan beberapa jasa pengiriman barang, hosting yang menyediakan suport wordpress di cPanel, plug in e commerce, dan tentu saja theme e commerce yang menarik serta beberapa artikel pembuka.
  2. Proses pembangunan. Dimulai dengan mengisntall wordpress pada cPanel. Lalu aturlah tampilan web toko online dengan memilih dan menggunakan theme yang sesuai. Manfaatkan fasilitas email dari hosting untuk tampilan yang lebih profesional pada menu contact. Install beberapa plug in pendukung.
  3. Optimasi.  Untuk tahap ini akan diperlukan sedikit kerja keras dan berkesinambungan dari pemilik sebuah web toko online. Lakukan update (pembaruan) pada web dengan menggunakan artikel marketing atau dengan mengunggah barang baru setiap hari. Gunakan beberapa plug in yang mendukung untuk keamanan dan penunjang posisinya di search engine.

Untuk mengubah pengunjung menjadi pembeli dan pembeli menjadi pelanggan, disarankan untuk selalu menyediakan contact person atau online customer service yang komunikatif untuk melayani pengunjung di web toko online Anda.

Website WordPress dapat Anda dapatkan di JakartaWebhosting.com. Kami menyediakan berbagai macam template WordPress secara gratis untuk dapat Anda gunakan pada website Anda.

Cloud-Hosting (1)

Read previous post:
Kesalahan-kesalahan SEO yang terjadi pada Bisnis Online

Ada 5 kesalahan dalam Search Engine Optimization (SEO) yang kita biasa jumpai dalam sebagian besar situs bisnis di Internet. Kesalahan-kesalahan

Close