Tutorial Google Analytics bagi Pemula

Bagi para blogger ataupun yang memiliki website, pastinya kalian ingin mengetahui berapa orang yang mengunjungi situs website Anda. Untuk mengetahui berapa banyak orang yang mengunjungi website atau blog Anda, pastinya Anda membutuhkan sebuah engine analitik lalu lintas website, maka dari itu, Google Analytics adalah jawabannya. Artikel kali ini akan mengajarkan Anda bagaimana menggunakan Google Analytics , bahkan jika Anda seorang pemula.

Google Analytics adalah salah satu alat utama di luar sana untuk menganalisis lalu lintas di situs website Anda. Dengan sedikit setup, Google Analytics akan memberikan sejumlah informasi tentang siapa saja yang mengunjungi situs website Anda, apa yang mereka cari, dan bagaimana mereka ke sana. Anda juga dapat mengetahui apakah website Anda berkualitas atau tidak melalui informasi-informasti dari Google Analytics tersebut, untuk mengetahuinya, Anda dapat membaca artikel Bounce Rate Pada Google Analytics.

Dengan hanya sedikit latihan, bersama dengan informasi pada artikel ini, Anda dapat menggunakan Google Analytics. Google Analytics adalah alat yang ampuh untuk memantau semua aspek lalu lintas situs website, dari rujukan ke mesin pencari.

Bagaimana cara menggunakan Google Analytics? Mari kita simak langkah-langkah berikut ini:

Langkah Pertama: Set Up Account Anda

Untuk menggunakan Google Analytics, Anda harus membuat account Google. Ini akan memberikan pengenal unik untuk ditambahkan ke situs Anda. Anda hanya dapat mengakses informasi tentang situs Anda sendiri, Anda tidak akan diizinkan akses ke informasi untuk situs lain kecuali pemilik situs secara eksplisit memberikannya kepada Anda. Berikut langkah dalam set up account Google Analytics Anda:

    1. Masuk ke website Google Analytics (//www. Google.com/Analytics )
    2. Jika Anda tidak memiliki account Google, klik “Sign Up Now”, yang terletak di sebelah kiri tanda-dalam kotak. Ini akan membawa Anda ke halaman di mana Anda dapat sign up untuk account Google.
    3. Jika Anda memiliki account Google, gunakan email address dan password untuk sign in
    4. Klik tombol Sign Up untuk melanjutkan
    5. Pada jendela berikutnya, Google menyediakan tempat pengisian URL untuk situs yang ingin Anda analisis
    6. Memberikan nama situs yang mudah diingat. Jika Anda ingin melacak beberapa situs, ini sangat penting untuk memudahkan pencarian
    7. Pilih negara situs Anda didasarkan pada negara. Kemudian pilih zona waktu yang sesuai (Jika situs Anda berbasis di India tapi semua pengguna Anda berada di AS, Anda dapat memilih zona waktu AS untuk mencari tahu ketika di hari mereka sebagian besar memilih untuk menggunakan situs Anda)
    8. Klik “Lanjutkan”
    9. Pada jendela berikutnya, terdapat formulir informasi kontak Anda
    10. Klik “Lanjutkan”
    11. Pada jendela berikutnya terdapat konfirmasi layanan Google Analytics. Jika Anda setuju dengan mereka, klik kotak “Ya”
    12. Klik “Buat Akun Baru”
    13. Google akan menyediakan Anda dengan blok kode. Salin ini – Anda harus masukkan ke dalam situs web Anda.

Langkah kedua: Sisipkan JavaScript Google Analytics Ke Halaman Anda

Anda harus memasukkan kode bahwa Google Analytics menyediakan Anda dengan ke setiap halaman yang ingin dilacak. Jika Anda memiliki orang teknis yang merawat halaman Anda, Anda dapat memiliki mereka menambahkan kode untuk Anda. Untuk menyisipkan kode Google Analytics, Anda perlu masuk ke dalam HTML halaman Anda.

    1. Jika Anda menggunakan layanan seperti WordPress , Anda harus membuka file footer.php untuk menempatkan kode ini
    2. Cari </ body> tag di bagian paling bawah, tepat di atas halaman </ html>
    3. Jika Anda memiliki template, masukkan kode ke mereka juga
    4. Setelah Anda telah meng-upload halaman kembali ke situs Anda, Anda dapat mulai pelacakan informasi

Baca juga: Tips Agar Pengunjung Betah Berlama-Lama di Situs Anda

5f9a4520_smush_Banner_300x250

Read previous post:
Sebentar lagi Twitter buka Kantor di Indonesia

Seperti yang kita ketahui, jejaring sosial merupakan hal yang sangat trend di mata para anak muda Indonesia. Pada saat ini,

Close