Tips Ngeblog untuk Pemula Sampai Mahir

Tips Ngeblog untuk para pemula tentunya memberikan tantangan tersendiri. Tidak ada alasan gaptek dan sebagainya, karena semuanya bisa kalian lakukan sendiri. Untuk lebih memudahkan kalian dalam memulai ngeblog, berikut ini tips ngeblog pemula sampai mahir:

1. Mereka mempublikasikan postingan secara konsisten

Ini merupakan tips ngeblog yang paling penting. Konsisten yang dimaksud di sini artinya memposting satu tulisan per hari, 3 tulisan per minggu, 1 tulisan per minggu, atau lebih dari satu postingan per harinya.

2. Mereka menyukai topik ngeblognya

Misalnya pengeblog yang memilih topik mobil, ia menyukai hal-hal yang terkait mobil karena hobinya, bidang yang dipelajari, atau keahliannya.

3. Mereka berinteraksi dengan pembacanya

Bentuk interaksi ini antara lain menjawab komentar, menerima kritikan, membalas email pembaca, dan mengunjungi blog pengunjungnya.

Baca: Tips Melibatkan Visitor dalam Membuat Konten Website

4. Mereka tidak pelit memberikan link

Artinya mereka bertukaran link dengan blogger lain yang setopik atau memberikan track back pada tulisan blogger lain yang mereka pandang berguna. Kedua hal ini dilakukan tanpa memandang page rank. John Chow sendiri mengaku melink-kan blognya yang berpage rank 6 kepada ribuan blog berpage rank 0.

5. Mereka tahu cara mencitrakan diri

Citra diri artinya tidak mengcopy paste tulisan orang lain, dan jujur.

6. Mereka menulis dengan baik

Artinya mereka menulis sesuai tata bahasa, gaya bahasa mudah dimengerti, alur penulisan tiap kalimat dan paragraf jelas, dan tidak salah ketik.

7. Mereka membaca blog lain yang diminatinya

Blog lain ini bisa berupa blog terkenal ataupun blog yang belum terkenal. Indikasi membaca ini dilakukan dengan mengunjungi langsung atau menjadi pelanggan RSS feed blog tersebut. Tujuan membaca tersebut salah satunya sebagai upaya pembelajaran yang terus menerus.

Salah seorang blogger top yang memberikan saran itu adalah Darren Rowse. Dalam postingannya pada 17 Juli 2009 lalu, blogger asal Australia yang pelanggan RSS-nya mencapai 110 ribu ini menyarankan 9 target pertama untuk para blogger pemula. Apa saja target-target yang disarankan Darren Rowse tersebut?

Sembilan target itu adalah sebagai berikut. Bila Anda punya waktu, Anda bisa juga mengecek sumber aslinya di 9 First Step Goals for New Bloggers

  1. Publikasikan 10 postingan
  2. Dapatkan komentar pertama dari seseorang yang belum Anda kenal
  3. Dapatkan link pertama dari blogger lain
  4. Dapatkan 20 pembaca setiap harinya
  5. Peroleh 20 pelanggan RSS
  6. Blog Anda terindeks di Google
  7. Dapatkan $1 per minggu (bagi blogger pemula yang make money blogging)
  8. Menjadi blogger tamu (guest blogger) di blog milik orang lain
  9. Memiliki seseorang (bukan Anda atau keluarga Anda) yang men-tweet blog Anda.

Cara membangun jaringan ngeblog

1. Buat daftar para blogger yang setopik dengan blog Anda

Berapa banyak blogger yang harus ada dalam daftar Anda? Tidak ada aturan bakunya. Bergantung dari selera Anda (semakin banyak semakin baik).

Lalu, bagaimana cara menemukan blogger yang setopik dengan blog Anda? Cara termudah dengan mengetikkan topik blog Anda di Google Blog. Cara lain adalah dengan blogwalking.

2. Perkenalkan diri Anda

Ketika Anda telah membuat daftar para blogger, Anda harus memperkenalkan diri kepada mereka. Gunakan alamat email atau contact form mereka.

Di bawah ini adalah poin-poin ketika Anda memperkenalkan diri:

  1. Jangan bertele-tele. Langsung informasikan bahwa Anda menghubungi mereka untuk memperkenalkan diri.
  2. Sebutkan bahwa blog Anda (disertai URL-nya) memiliki topik yang sama dengan mereka.
  3. Informasikan bahwa Anda menyukai konten blog mereka dan Anda akan melink-nya.

Untuk mendapatkan info lebih banyak tentang tips dan info untuk blogging, kalian dapat mengakses blog.jakartawebhosting.com dan untuk memulai blogging kalian dapat menggunakan JakartaWebhosting.com sebagai web hosting andalan kalian.

Cloud-Hosting (1)

Read previous post:
Manfaatkan Bitcoin Dalam Bisnis Online

Manfaatkan Bitcoin Dalam Bisnis Online Perkembangan teknologi yang begitu pesat secara tidak langsung membantu pertumbuhan ekonomi yang begitu maju. Para

Close