Modal usaha kecil? Siapa bilang tidak bisa Marketing?

Bagi kalian yang seorang pengusaha, pasti sudah biasa mendengar kalimat Marketing, bagaimana tidak? Marketing sudah umum dipercaya sebagai hal terpenting dalam penentu kesuksesan maupun kegagalan dari suatu bisnis. Tapi, kebanyakan orang yang menjalankan bisnis di tingkat skala yang kecil maupun Usaha Kecil Menengah (UKM) menganggapnya hal yang tidak perlu dipusingkan. Ibaratnya, tinggal menjajahkan dagangan, pasti ada orang yang datang untuk membeli produk/jasa Anda. Itulah mindset kebanyakan para pengusaha skala kecil atau UKM.

Dengan pemikiran/mindset para pelaku bisnis kecil atau UKM seperti di atas, entah sudah berapa banyak bisnis mereka yang stagnan(jalan di tempat) bahkan ada yang sampai gulung tikar karena tidak adanya pembeli yang membeli produk mereka. Bayangkan, apakah Anda ingin hal tersebut terjadi kepada Anda? Pastinya tidak bukan?

Baca juga: Salah pilih Web Hosting , Bisnis pun Gulung Tikar

Cobalah rubah dan buka pemikiran Anda, marketing bukanlah hal yang selalu harus dilakukan oleh para pengusaha bisnis besar. Marketing memang butuh biaya dan sumber daya yang terlatih, akan tetapi bukan berarti biaya yang dikeluarkan harus besar. Pada kenyataannya, masih terdapat marketing yang bisa dibilang tergolong gratis yang bahkan lebih efisien dan efektif dalam meningkatkan pendapatan bisnis-bisnis berskala kecil. Mau tau? Yuk, kita simak artikel marketing modal kecil ini.

1. Sticker Brand

Sticker! Ya, Sticker!. Bisa dibilang ini merupakan senjata yang ampuh apabila kalian bisa membuat sticker brand kalian dengan kreatif. Sebenarnya cara ini sudah kuno, tapi masih bisa dibilang efektif dalam mempromosikan bisnis Anda. Bayangkan, sticker kecil berisikan logo atau gambar produk bisnis kalian dibuat semenarik mungkin, kemudian ditempelkan di tempat-tempat umum seperti tempat dimana banyak orang yang menunggu. Dari sekian ratusan bahkan ribuan orang yang melihat, pasti ada saja yang penasaran apa isi konten sticker tersebut. Perlu diingatkan, bahwa kalian paling tidak mencantumkan informasi tentang bisnis Anda, entah itu alamat, alamat email, nomor telepon, ataupun alamat website agar dapat dicari oleh orang yang melihat sticker brand kalian.

2. Partnership

Hal ini merupakan hal yang penting untuk dilakukan apabila kalian tidak memiliki banyak modal untuk melakukan marketing terhadap bisnis kalian. Carilah partner yang dapat kalian kolaborasikan dengan produk Anda. Ingat 1 hal, jangan pernah kalian berkolaborasi dengan bisnis yang memiliki produk yang sama dengan kalian, karena kalian akan saling menjatuhkan. Pastikan kalian mendapatkan partner yang dapat saling mendukung produk kalian dengan produk partner kalian. Kemudian cobalah untuk saling mempromosikan produk bisnis masing-masing, kalian mempromosikan  atau menyebarkan informasi produk binsis partner kalian dan begitupun partner kalian melakukan sebaliknya. Ya!, gratis bukan?

3. Media Social

Menggunakan media sosial merupakan salah satu cara marketing gratis yang dapat kalian gunakan. Buatlah segera akun media sosial kalian guna mempromosikan produk yang kalian jual. Terdapat banyak sekali media sosial yang dapat kalian gunakan untuk mempromosikan bisnis kalian, antara lain: Facebook, Twitter, Instagram, Path, dan masih banyak lagi. Selagi kalian promosi, jangan lupa untuk memberikan tautan ke website dengan harapan teman ataupun orang lain di social media tertarik dan berkunjung ke website kalian.

Baca juga: Tips Mempromosikan Toko Online

4. Go Online!

Go Online! Hal ini merupakan hal yang paling tepat kalian lakukan apabila bisnis kalian masih belum memiliki website online. Bayangkan kalau kalian bisa menggarap sebagian dari jutaan pengguna internet. Dengan cara menggunakan website online, pastinya kalian akan lebih cepat mendapatkan konsumen dalam waktu yang relatif singkat jika dibandingkan dengan hanya membangun toko fisik. Pastinya tidak akan sia-sia bukan jika kalian memiliki website online?

Baca juga: Web Hosting Bagi UKM

Untuk Go Online dengan membuat website kalian sendiri, kalian hanya memerlukan komputer atau laptop yang terhubung dengan internet. Website dapat kalian dapatkan melalui JakartaWebhosting.com dengan mudah dan relatif murah.

Cloud-Hosting (1)

Read previous post:
Cara Menaikkan Rating Website Tanpa Bantuan Jasa SEO

Rating website menjadi sangat vital di era Google. Untuk banyak sekali alasan, orang-orang berlomba-lomba menaikkan rating website mereka supaya menjadi

Close