Tips belanja aman di toko online

toko onlineToko online banyak sekali bermunculan saat ini sejalan dengan meningkatnya pengguna internet, baik yang berjualan  melalui website pribadi/toko, social networking (facebook, twitter, friendster), dan masih banyak lagi.

Namun ada sisi hitamnya juga dengan menjamurnya toko online, banyak juga kasus yang bermunculan terutama terkait dengan masalah penipuan oleh oknum pemilik toko online yang tidak bertanggung jawab.

Berikut ini adalah tips untuk menjadi pembeli/buyer di toko online. yang pertama kali bisa anda lakukan adalah, cari tahu apakah Toko Tersebut Bisa Dipercaya.

Tidak perlu mendetail, lakukan saja riset sederhana tentang toko yang bersangkutan, misal:

  • Bisa dilihat dari ada banyak jumlah pembeli
  • Berdiri sejak tahun berapa
  • Ada yang berkomentar kecewa atau tidak
  • Lama atau tidak pelayanannya
  • Ramah atau tidak pelayanannya
  • Bagaimana toko tersebut menjawab pertanyaan-pertanyaan dari komentar yang ada.

Kalau kebetulan sudah ada teman yang sudah pernah membeli dari toko tersebut, tanyakan bagaimana pengalaman dia belanja di toko tersebut.

Cari Tahu Lokasi dan Kontak si Penjual

Tanyakanlah dimana lokasi si penjual. Bahkan sebuah toko online (hanya online) pun pasti ada lokasinya kan… entah itu rumah, kontrakan, kostan. Jangan pernah merasa tidak enak untuk menanyakan alamat lengkap lokasi tokonya, karena itu adalah hak pembeli.

Selain itu juga untuk mengetahu berapa ongkos pengirima, dan untuk memperkirakan berapa lama waktu pengiriman. Jangan lupa menanyakan nomor telepon yang bisa dihubungi, siapa tau kita perlu untuk menghubungi tanpa harus melalui internet.
WASPADALAH jika si penjual tidak mau mengatakan atau berusaha menutupi lokasi dimana dia berada.

Cari Tahu Kondisi Barang

Resiko berbelanja online adalah kita belum tau kondisi barang sesungguhnya. Untuk meminimalisir resiko ini, jangan pernah merasa sungkan untuk bertanya detil dari barang yang ingin kita beli. Kualitas bahannya, jahitannya, bikinan mana, dll. WASPADALAH jika penjual tidak bisa menjelaskan atau terkesan ogah-ogahan/menghindar untuk menjelaskan. Hal ini bisa karena mereka sejatinya tidak memiliki barangnya (barang baru dibeli ketika sudah ada pembeli pasti), atau dia berusaha menutupi kualitas yang sesungguhnya

Mengerti Aturan Belanja Sebelum Membeli

Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, pastikan kamu sudah memahami aturan berbelanja di toko yang bersangkutan. Tanyakan bagimana melakukan pemesanan barang, bagaimana prosedur pembayaran, ketersediaan barang, lama pengiriman, dikirim menggunakan apa, dll. Terutama jika kamu berniat membeli dari toko yang sistemnya PO (PreOrder), tanyakan kepastian kapan barang akan ready. Karena toko dengan sistem PO ini biasanya baru akan “beli” setelah ada pembeli pasti sejumlah “X”. Biasanya ini karena mereka tidak mau ambil resiko rugi, jadi bertindak hanya semacam “makelar” saja.

Jika kamu tidak merasa keberatan dengan aturan yang ada, baru deh transaksi.

Seberapa Tertib Toko Tersebut

Tingkat keseriusan suatu toko online dalam berbisnis, melayani dan memberikan yang terbaik untuk pembeli salah satunya dapat dilihat dengan seberapa tertib administrasi toko online tersebut. Ketika kamu order, perhatikan apa yang kamu dapatkan dari toko tersebut sebagai bukti bahwa kamu sudah melakukan order. Bukti bahwa kamu sudah melakukan order sangat penting untuk keperluan kamu dalam melakukan tracking order kamu, seperti apakah order kamu sudah diproses, apakah sudah dikirim dan tentunya juga ketika kamu perlu untuk melakukan komplain

Suatu toko online yang benar-benar serius untuk memberikan pelayanan yang baik, ketika ada pembeli melakukan order maka toko tersebut akan memberikan suatu konfirmasi order kepada pembelinya. Seperti No. Order, item apa saja yang di order, berapa jumlahnya, rincian biaya yang harus dibayar pembeli, dll. Dari konfirmasi order tersebut kita tahu bahwa order kita telah tercatat dengan baik, kita juga tau item yang kita order tidak ada yang salah.Sehingga hal ini mengurangi resiko komplain dikarenakan barang yang kamu pesan tidak sesuai dengan pesanan kamu di awal.

Toko yang tertib menunjukkan bahwa toko tersebut memang serius dalam menjalankan bisnisnya dan mempunyai visi kedepan untuk semakin mengembangkan tokonya tersebut. Dan tentunya toko yang seperti ini relatif lebih bisa dipercaya… :)

Simpan Bukti Pembayaran dan Tanyakan Kapan Dikirim

Setelah anda yakin untuk melakukan jual beli dan siap melakukan pembayaran pastikan data-data no rekening, nama pemilik rekening, nama kantor dimana rekening itu dibikin sudah benar/akurat. Hal ini untuk menghindari proses ribet mengurus di bank akibat salah transfer atau kesalahan data yang menyebabkan proses transfer menjadi sangat lama untuk kemudian menjadi gagal.

Setelah anda selesai melakukan transfer pembayaran, selalu simpanlah bukti transfer pembayaran anda hingga barang sudah di beli anda terima. Metode apapun yang anda gunakan untuk melakukan transfer pembayaran, selalu simpanlah bukti transfernya. Hal ini untuk berjaga-jaga jika terjadi sesuatu, kamu masih mempunyai bukti bahwa kamu sudah melakukan transfer ke rekening terkait dengan nominal yang sesuai.

Yang tidak kalah pentingnya, setelah anda melakukan transfer pembayarannya segera informasikan ke toko yang terkait bahwa kamu sudah melakukan pembayaran sebesar “X” ke rekening bank “Y” sesuai ketentuan dari si toko. Hal ini supaya order yang anda lakukan bisa segera dikirim. Paling cepat adalah dengan konfirmasi lewat telepon atau SMS. Dan jangan pernah takut atau merasa tidak enak untuk menanyakan kapan barang pesanan akan dikirim. Jika di hari yang dijanjikan kamu belum menerima pemberitahuan bahwa barang kamu sudah dikirim, tanyakan kembali siapa tahu toko tersebut sibuk sehingga lupa untuk menginformasikan ke kamu.

Menghadapi Pengiriman Yang Sedikit Terlambat

Setelah kamu melakukan transaksi (order lalu transfer pembayaran). Jangan lupa untuk selalu menanyakan kapan barang pesanan bisa  dikirim. Dan jika penjual mengatakan bahwa barang yang sudah di order telah dikirim, jangan lupa untuk SELALU MEMINTA NO RESI PENGIRIMAN (karena ini sangat penting). Tanyakan juga kira-kira berapa hari barang akan sampai.

Jika No Resi yang kamu punya ternyata tidak terdata di kurirnya, coba tanyakan kembali ke toko tempat beli barang. Siapa tau dia salah kasih No. Resi Pengiriman. Sebagia pembeli harus bersikap sabar dan positif thingking dulu. Jangan cepat emosi dan keburu meluapkan emosi kamu di Wall atau di forum padahal baru terlambat 1 hari (atau bahkan belum terlambat sama sekali)

Jika terlambat 5 hari dari yang dijanjikan dan kamu tidak dikasih No. Resi pengiriman atau no. resi tidak terdata. Si penjual tiba2 menghilang tidak bisa dihubungi, kamu boleh panik sekarang…

Comments are closed.

Read previous post:
Tips untuk blog baru agar ramai pengunjung

Manfaatkan Google profile, ini merupakan salah satu fitur atau fasilitas yang di rilis oleh raksasa search engine (Google). Google profile

Close