Personal Branding Dengan Blog

personal brandingDiawal kemunculannya, blog lebih banyak digunakan untuk tempat curhat atau tempat menulis uneg-uneg pemiliknya. Berkembang kemudian blog dijadikan untuk mencari uang (blog monetize) dan akhirnya muncul lagi pemanfaatan blog untuk personal branding. Blog adalah alat yang sangat ampuh dan efektif untuk membangun personal brand yang excellent (sekedar diketahui saat ini sekitar 70% informasi yang tersebar di internet berasal dari blog)

Personal Branding sendiri adalah sebuah proses untuk memasarkan diri kita kepada orang lain apalagi dimasa seperti sekarang ini, urusan pencitraan tetap tidak hilang dari kehidupan umat manusia. Bahkan bertambah booming seiring perkembangan teknologi informasi. Dengan personal branding secara efektif, Anda akan mampu menjadi ahli dalam bidang tertentu, membangun reputasi solid dalam industri tertentu, serta meningkatkan reputasi dan nama baik di pasaran.

Tujuan personal branding adalah supaya bisa mempunyai identitas atau image yang menonjol dan berbeda dari yang lain. Setelah Anda fokus dan mampu menyampaikan pesan tentang siapa diri Anda, langkah terakhir adalah menyebarkan semua itu dengan menggunakan media-media yang cocok atau yang digunakan oleh audiens Anda.

Jadi tiap orang dengan blog mereka dapat memposisikan diri mereka sesuai dengan apa yang mereka minati. Contohnya : Dan Schwabel yang dikenal sebagai ekspert dibidang personal branding menggunakan blognya yang terkenal DanSchwabel.com untuk memposisikan dirinya sebagai ahli di bidang personal branding. Anda pun dapat melakukannya sesuai dengan bidang yang anda minati karena memang Personal branding tidak selalu milik para blogger atau penulis. Di luar sana banyak sekali yang membutuhkan branding dan  personal branding, sebut saja diantaranya: dunia marketing, dunia iptek, dunia wisata, dunia fotografi dan masih banyak lagi.

Terakhir, sangat penting untuk dipahami bahwa tidak ada cara instan nan cepat dalam personal branding. Semua perlu waktu dan proses sehingga kita, karya kita dan pendapat-pendapat kita, bisa diakui dan dipercaya oleh masyarakat.

Tips awal memulai personal branding dengan menggunakan blog :

  1. Beli domain dengan nama anda sendiri
  2. Pilihlah web hosting yang baik dalam hal SEO
  3. Mulailah membangun blog anda, anda tidak perlu menguasai pemrograman gunakan saja CMS seperti wordpress untuk publikasi
  4. Bicaralah secara personal dalam blog anda, tidak perlu terlalu formal
  5. Blogwalking, Mengunjungi blog-blog lain yang sama fokusnya dan ikutlah berkomentar pada posting-posting mereka.

Comments are closed.

Read previous post:
Membangun dummy blog yang handal

SEO adalah dunia yang memiliki banyak jalan untuk memenangkannya, jika bagi para master wordpress biasanya mereka menggunakan plugin-plugin pendukung. Ternyata

Close