Website untuk sekolah dan pendidikan

Di awal terciptanya, implementasi media internet/website sebagai model e-learning ditujukan untuk pelaksanaan pendidikan jarak jauh (PJJ). Tujuan dari penyelenggaraan e-learning untuk PJJ sangat jelas, yaitu untuk memudahkan para siswa mengakses pendidikan jarak jauh dari gurunya. Seiring dengan kemajuan teknologi yang begitu pesat, kini e-learningtidak hanya digunakan oleh mereka yang mempunyai masalah karena terpisahnya siswa dan guru oleh jarak yang jauh, tapi sudah mulai marak digunakan oleh para guru dan siswa yang setiap harinya selalu bertatap muka dan bersinggungan badan di dalam kelas.

Ditambah lagi dengan dukungan teknologi internet yang luar biasa pesat, mengubahnya sebagai media yang multifungsi. Komunikasi melalui internet yang dapat dilakukan secara interpesonal membuat media ini semakin di gemari dan menjadi solusi penyampaian informasi yang efektif, baik untuk bisnis, Bahkan untuk pendidikan.

Berdasarkan kelebihan yang dimilikinya, maka internet sebagai media pendidikan mampu menghadapkan karakteristik yang khas, yaitu :

  1. sebagai media interpersonal dan massa
  2. bersifat interaktif dua arah
  3. memungkinkan komunikasi secara sinkron maupun asinkron

Model Pembelajaran e-learning yang digunakan di Indonesia kebanyakan sistemnya adalah dimana di luar jam sekolah anak didik diperintahkan oleh gurunya mengunjungi satu website yang berfungsi sebagai alat transfer materi pelajaran. Atau seorang guru langsung menugaskan kepada muridnya agar mengirimkan hasil pekerjaannya (tugas) ke alamat e-mail atau ke alamat sebuah website, juga pada saat murid sedang berada di luar sekolah.

e learning menjadi sangat penting mengingat Indonesia terdiri dari 17,000 lebih pulau dan kira-kira ada 300 bahasa daerah yang masih digunakan. Krisis Ekonomi & Korupsi (Krisis Kepercayaan) sekarang semakin menunjukkan betapa pentingnya suatu komunikasi baik secara lokal maupun global, tentu saja untuk mempercepat distribusi informasi.

Untuk membangun e learning yang memadai penyelenggara pendidikan tidak perlu mengeluarkan banyak uang, cukup gunakan saja LMS gratisan seperti Moodle. Sofware Moodle Open Source ini dirancang dengan baik untuk membantu pendidik agar dapat membuat masyarakat belajar efektif secara online. Software ini memiliki banyak anggora dari seluruh dunia setidaknya lebih dari 400.000 anggota, mengandung 60 bahasa dan diberlakukan di 120 negara. Fitur di dalamnya dapat disesuaikan dengan kebutuhan sistem pendidikan anda.

Jakarta web hosting, sebagai provider web hosting indonesia sudah support untuk layanan ini. Anda dapat menggunakan layanan moodle hosting untuk membangun website pendidikan yang baik. Klik disini jika butuh bantuan, atau hubungi kami via telp di staff 24 jam kami siap membantu anda

 

Comments are closed.

Read previous post:
Related Post Untuk WordPress

Menampilkan artikel yang berkaitan (related post) di bawah postingan wordpress secara otomatis sangat bermanfaat, baik dalam hal memudahkan pengunjung untuk

Close