Salah pilih Web Hosting , Bisnis pun Gulung Tikar

Bila Anda ingin sukses berbisnis lewat dunia maya, ada beragam teknik online marketing yang bisa digunakan. Namun, teknik marketing paling paten sekalipun tidak akan dapat membuat bisnis Anda sukses bila tidak didukung oleh kualitas web hosting yang mumpuni.

Penyedia layanan web hosting saat ini telah banyak tersedia. Ada yang gratis. Ada pula yang berbayar. Baik yang digawangi perusahaan lokal maupun yang berbasis di luar negeri.  Begitu banyak pilihan web hosting yang dapat dipilih, tapi bagaimana cara menentukan web hosting yang terbaik bagi bisnis dan keperluan Anda?

Agar dapat menjatuhkan pilihan yang tepat, sebaiknya kenali dulu layanan web hosting yang tersedia. Web hosting ada beberapa jenis, yang berbayar (paid hosting), gratis (free hosting), file hosting dan dedicated hosting. Web hosting yang gratis tentu saja tidak dapat memberikan fasilitas lengkap seperti yang diberikan paid hosting, misalnya saja kapasitas memori yang terbatas dan umumnya free hosting tidak memberi fasilitas pendukung Perl atau PHP. Kelebihan lain yang dimiliki web hosting berbayar adalah tersedianya layanan customer support 24 jam yang akan sangat membantu kelancaran kerja web yang Anda miliki.

Dengan menggunakan web hosting berbayar, Anda juga tidak perlu repot-repot memikirkan urusan teknis pemeliharaan website, perusahaan penyedia layanan web hosting yang akan mengurusnya untuk Anda.

Pengamanan website bisnis Anda paling penting untuk menjamin kecurangan atau penipuan yang bisa saja dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Apabila memang website Anda merupakan website yang memang dikhususkan untuk berbisnis, usahakan Anda untuk menggunakan paid hosting dengan spesifikasi yang sesuai dan ditambah dengan SSL (Secure Socket Line) Certificated untuk menjamin website Anda tidak rapuh akan peretasan website.

Baca: Kejahatan-Kejahatan yang Terjadi Pada Internet

Hal penting lainnya yang perlu diketahui sebelum berlangganan web hosting adalah  yang disediakan perusahaan web hosting. Perusahaan web hosting A bisa saja memiliki fasilitas yang lebih baik dan lengkap daripada perusahaan web hosting B, meski keduanya sama-sama mengharuskan pelanggannya membayar. Fasilitas yang harus menjadi perhatian sebelum memilih berlangganan web hosting, antara lain bagaimana data-data dapat ditransfer dan diakses dari website Anda, tools apa saja yang digunakan untuk membangun website, bantuan teknis, customer service dan tarif/harga yang dipatok perusahaan web hosting.

Sebaiknya buat perbandingan tarif antara beberapa perusahaan web hosting. Tentukan terlebih dahulu fitur apa saja yang dibutuhkan dalam website agar bisnis Anda semakin dikenal luas. Kelengkapan fasilitas atau fitur yang sempurna dalam sebuah webiste kadang-kadang tidak bersifat krusial. Karena kehadiran website dibutuhkan hanya sebagai representasi dari bisnis Anda agar bisnis yang Anda jalani memiliki peluang lebih besar untuk dikenal masyarakat luas.

Selain itu ada beberapa panduan yang dapat Anda gunakan sebelum memilih layanan web hosting:

Struktur bisnis yang stabil

Perusahaan web hosting yang dapat dipercaya mengelola data-data Anda adalah perusahaan dengan struktur bisnis yang stabil, profesional dan serius mengelola bisnis web hosting. Hindari perusahaan web hosting yang tidak memiliki kantor beserta karyawan tetap.

Pengalaman Bisnis

Sebaiknya pilihlah perusahaan web hosting yang telah memiliki pengalaman bertahun-tahun dibandingkan perusahaan web hosting yang masih sangat baru dan kurang berpengalaman. Ada beberapa kejadian, perusahaan web hosting hanya berumur kurang dari setahun dan akhirnya tutup. Akibatnya data yang dimiliki pelanggan hilang dan website tidak terurus. Dengan memilih perusahaan yang telah berpengalaman, resiko yang mungkin diterima akan semakin kecil.

Check Fasilitas yang Ditawarkan

Harga tidak selalu berbanding lurus dengan fasilitas yang tersedia. Ada perusahaan web hosting yang menawarkan harga murah namun tetap mampu memberikan layanan yang baik. Tidak sedikit pula yang memangkas fasilitas yang disediakan demi menurunkan tingkat harga. Yang paling baik, pilih fasilitas sesuai kebutuhan dan harga yang terjangkau oleh Anda. Terutama yang memberikan layanan kepada langganan selama 24 jam, seperti layanan teknis dan customer service.

Jenis Koneksi yang Digunakan

Periksalah jenis koneksi yang digunakan oleh web hosting. Hindarilah web hosting yang memiliki bandwidth Internasional yang tidak memadai. Banyak web hosting lokal yang mengklaim terhubung ke IIX tapi tidak memiliki bandwidth Internasional yang memadai. Hindarilah web hosting semacam ini karena dapat mempersulit komunikasi anda ke rekan anda di luar negeri.

Periksalah Pedoman Penggunaan Layanan Milik Web Hosting

Kebanyakan pelanggan merasa malas membaca panduan serta peraturan berlangganan sebelum mendaftar pada sebuah layanan web hosting. Bila Anda teliti, terkadang ada hal-hal di pedoman penggunaan yang tidak ada pada situs web dari web hosting atau ada perbedaan yang tidak Anda perkirakan sebelumnya. Jika pihak web hosting tidak memiliki manual penggunaan pada situs webnya, tanyakanlah apakah pihak web hosting bisa mengirimkannya untuk anda. Hindarilah web hosting yang tidak memiliki pedoman penggunaan yang dapat Anda gunakan sebagai referensi untuk menggunakan layanan mereka.

Jadi, Berhati-hatilah bagi kalian yang ingin memulai bisnis secara online, pastikan webhosting yang Anda pilih berkualitas. Seperti JakartaWebhosting.com yang telah berdedikasi untuk memberi pelayanan hosting yang murah, tapi berkualitas.

Cloud-Hosting (1)

Read previous post:
Kejahatan-Kejahatan yang Terjadi Pada Internet

Dunia maya memang memiliki resiko yang tinggi sebagai tempat terjadinya tindak kejahatan. Waspadai dan ketahui berbagai bentuk kejahatan dunia maya

Close