4 Hal Terpenting dalam Memilih Web Hosting

Berkat meningkatnya minat masyarakat terhadap dunia internet, kini banyak perusahaan penyedia layanan web hosting yang bermunculan. Saat Anda sudah mendapatkan perusahaan web hosting yang cocok, sekarang saatnya memilih paket yang akan Anda gunakan untuk menjalankan website Anda.  Faktor apa sajakah yang sebaiknya Anda perhitungkan sebelum memilih paket hosting yang tepat?

Baca: Salah pilih Web Hosting , Bisnis pun Gulung Tikar

Dalam memilih paket hosting yang tepat, ada beberapa faktor yang harus Anda pertimbangkan. Faktor-faktor tersebut adalah seperti yang disampaikan di bawah ini:

1. Ketahui  kebutuhan website Anda

Bila Anda ingin membuat sebuah website pribadi yang hanya akan berisi profil dan blog pribadi Anda, maka Anda tidak memerlukan paket hosting yang besar .  Bila website Anda hanya dikunjungi kira-kira 10 pengunjung per bulan, bandwith 5Gb akan terasa mubazir. Pemilihan paket yang tepat akan memaksimalkan kinerja yang anda dapatkan.

2. Harga vs. Kualitas

Merupakan marketing gimmick yang cukup menyesatkan jika ada yang menyebutkan bahwa harga tidak berbanding dengan kualitas. Biaya adalah sebuah konsekuensi logis untuk menghadirkan sebuah layanan yang benar – benar dapat diandalkan.

Sering kali pemain bisnis hosting yang baru terjun di bisnis ini hanya memperhitungkan resource space dan traffic limit. Padahal di luar itu banyak sekali batasan – batasan lain sebuah server di antaranya adalah CPU load dan memory. Oleh karena itu jika harga yang di tawarkan sangat murah maka konsekuensinya adalah pengurangan – pengurangan fasilitas hosting yang berpotensi besar menimbulkan beban berlebih pada server. Jika ada yang menawarkan harga sangat murah namun tetap menawarkan fasilitas – fasilitas yang fantastis, maka hal ini seharusnya menjadi tanda tanya besar.

3. Serba Unlimited? Impossible!

Aplikasi yang biasanya dapat membuat CPU  load menjadi tinggi di antaranya adalah web itu sendiri, database, mailing list, dan FTP. Untuk itu biasanya perusahaan web hosting membatasi jumlah mailing list, FTP account, dan database untuk menjaga reliabilitas layanan. Selain itu traffic per bulan juga dibatasi dengan asumsi jika traffic tinggi, maka beban server juga tinggi.

Oleh karena itu review kembali pilihan Anda jika pilihan tersebut jatuh pada perusahaan web hosting yang menawarkan fasilitas serba unlimited.

4. Kepemilikan dan Pengaturan Domain

Domain sudah selayaknya menjadi milik pelanggan dan pelanggan berhak melakukan pengaturan terhadapnya. Oleh karena itu pelanggan harus diberikan akses ke control panel domain yang berfungsi untuk mengatur domain secara administratif (whois info / kepemilikan) dan teknis (pengaturan name server).

Apabila kepada pelanggan tidak diberikan control panel pengaturan domain, maka jika suatu saat pelanggan ingin memindahkan hosting, melakukan pengaturan nameserver, dan perpindahan kepemilikan domain atau transfer ke registrar domain lain akan menemui kesulitan karena bergantung pada perusahaan hosting tempat pelanggan membeli domain tersebut.

 Cobalah JakartaWebhosting.com sebagai web hosting website Anda, jaminan murah tapi berkualitas.

Cloud-Hosting (1)

Read previous post:
Salah pilih Web Hosting , Bisnis pun Gulung Tikar

Bila Anda ingin sukses berbisnis lewat dunia maya, ada beragam teknik online marketing yang bisa digunakan. Namun, teknik marketing paling

Close