Persaingan sengit di pasar smartphone

fight smartphoneDalam persaingan di pasar smartphone, ini adalah masa yang sangat baik untuk Apple dan Samsung. Namun menjadi masa yang kelam untuk Nokia dan Motorola

Dalam waktu kuartal terakhir, Apple (AAPL, Fortune 500) menjadi produsen terbesar smartphone dunia untuk pertama kalinya, dan Samsung naik satu tempat ke No 2, menurut sebuah studi yang dirilis Strategy Analytics pada hari jumat lalu Jumat.

Mereka menggeser posisi Nokia, yang telah memegang posisi teratas selama lebih dari satu dekade. Ini pencapaian yang menakjubkan, terutama bagi Apple, yang masuk pasar sekitar empat tahun lalu dan hanya menjual dua perangkat: iPhone 4 dan 3GS iPhone.

Strategy Analytics mengatakan Samsung smartphone tumbuh hingga 520% ​​selama tahun lalu. Pertumbuhan yang sangat kuat ini terutama karena produk Galaxy yang dilepas di pasar smartphone, yang telah terbukti populer di banyak negara meski belum terlalu berhasil di Amerika Serikat.

Nokia (NOK) hanya berhasil mempertahankan posisinya sebagai produsen ponsel papan atas, meskipun penjualan turun lebih dari 20% dari tahun lalu, menurut sebuah survei IDC yang dirilis Kamis malam.

Fakta bahwa penjualan smartphone merosot untuk Nokia tidak mengejutkan: Perusahaan ini merupakan hasil transisi dari pengembangan dan penjualan sendiri, berkinerja sistem operasi mobile yang disebut Symbian mendukung Microsoft (MSFT, Fortune 500) Windows Phone 7 OS.

Namun penjualan Windows Phone sejauh ini masih kurang menggembirakan, dan masih harus dilihat apakah kombinasi antara Nokia-Microsoft akan saling menguntungkan. Itu risiko yang besar bagi Nokia untuk mengambil serta mempertimbangkan apakah smartphone milik mereka akan menjadi tumbuh besar dalam menghadapi para pesaingnya

Motorola mengumumkan Kamis sore bahwa kehilangan $ 56.000.000 pada kuartal terakhir di Wall Street dengan mengatakan analisis hasil untuk kuartal saat ini akan lebih lemah dari yang diharapkan.

Motorola tablet Xoom hanya dijual 440.000  di kuartal ini. Para Xoom, yang merupakan pertama (GOOG, Fortune 500) Google Android Honeycomb tablet, diharapkan oleh banyak analis untuk menjadi ujian sejati pertama untuk iPad.

Ditengah panasnya persaingan smartphone, hal yang mengejutkan dilakukan oleh produsen BlackBerry RIM yang telah melakukan PHK hingga 10% dari tenaga kerjanya pekan lalu untuk memotong biaya dan fokus strategi pemasaran.

RIM pernah menjadi pemimpin pasar smartphone di Amerika Utara dan di banyak negara Asia, namun penjualan yang terus berkurang baru-baru ini membuat BlackBerry semakin terpojok. Belum lagi ditambah dengan munculnya varian-varian prododuk dari produsen kompetitor

Comments are closed.

Read previous post:
Langkah awal mencari uang dari amazon

Mencari uang melalui afiliasi Amazon mulai menjadi hal yang jamak di lakukan oleh Internet Marketer Indonesia. Karena memang relatif mudah

Close