Membangun Website E-Commerce Dengan CMS

Tak dapat dipungkiri dimana seiring dengan teknologi yang kian cepat berkembang menjadikan pemilik toko pun akhirnya mengembangkan usaha di ranah online. Ini dilakukan karena kebiasaan masyarakat luas dalam berbelanja juga sudah mulai bergeser dengan memilih belanja online dibandingkan belanja langsung. Dengan adanya website online, maka tentu dalam berpromosi pun akan lebih luas dan juga efektif karena cakupannya yang universal.

Membangun Website E-Commerce Dengan CMS Terbaik
Internet memang sudah maju amat pesat. Kini, internet pun sudah jadi jendela dalam berpromosi sehingga mampu menjaring pelanggan tanpa batas. Jika ingin pengembangan dan pengelolaan website tersebut bisa maksimal, maka dibutuhkan juga pengembang web profesional dan juga CMS. CMS adalah kumpulan bahasa untuk dunia pemrograman dimana sudah dikemas di sebuah perangkat tools. Hal ini diharapkan untuk bisa memudahkan Anda mengelola website tersebut.

Bagi Anda yang ingin membangun website e-commerce, maka berikut ini rekomendasi CMS terbaik yang bisa dijadikan pilihan:

Magento
CMS yang bernama Magento ini memang khusus untuk e-commerce open source yang amat populer. Sudah banyak sekali orang yang membuat toko online menggunakan CMS Magento ini. Magento sendiri bisa populer karena mempunyai fitur utama yang amat dibutuhkan website dari toko online misalnya katalog produk, unggah produk tanpa ada batasan hingga fungsi pembayarannya juga bervariasi. Jika kini Anda sedang mencari referesni CMS untuk e-commerce, maka Magento ini bisa jadi pilihan.

PrestaShop
Rekomendasi CMS lainnya yang bisa cocok untuk e-commerce yakni PrestaShop. Anda bahkan bisa menggunakan PrestaShop ini dengan gratis ketika akan membangun website baik e-commerce ataupun toko online. PrestaShop cukup dikenal dari kalangan para pengembang website yang umum membangun web e-commerce. Ada banyak sekali fitur di dalam PrestaShop ini sehingga menjadikan toko online Anda pun akan kian menarik. Beberapa fitur yang ada di PrestaShop ini misalnya berbagai modul dalam cara pembayaran, faktur pembayaran PDF hingga kolom review para pelanggan serta masih banyak fitur lainnya.

OpenCart
Sama juga dengan Magento dan PrestaShop, dimana OpenCart pun adalah CMS khusus e-commerce. Sifatnya open source dan bahkan gratis. OpenCart ini banyak dipakai dan dikenal karena penggunaannya yang mudah bahkan bagi para kalangan awam ketika membuat website. OpenCart pun sediakan banyak plugin sehingga bisa digunakan demi meningkatkan fungsi toko online Anda. Kebanyakan pengguna OpenCart adalah pemilik startup karena kemudahannya yang jadi unggulan.

WooCommerce
Sebetulnya WooCommerce ini merupakan plugin bagi CMS populer yakni WordPress. Meski hanya plugin saja, tapi WooCommerce ini cukup powerfull dan mampu membuat WordPress jadi mesin yang sangat bagus bagi toko online Anda. Sekarang, WooCommerce amat populer karena penyembangnya sudah banyak yang akrab dengan penggunaan WordPress. Apabila Anda pun sudah terbiasa memakai WordPress dan ingin membangun toko online, maka WooCommerce ini bisa jadi pilihan tepat.

TomatoCart
Tidak harus memiliki skill dalam bahasa pemrogaman seperti PHP, CSS dan HTML dalam membangun TomatoCart. Tak heran jika TomatoCart ini juga sangat mudah digunakan. Semua yang ada di TomatoCart dapat dilakukan dengan menggunakan mode GUI tanpa harus menyentuh koding. Dengan fitur lengkapnya, tak heran jika TomatoCart banyak jadi pilihan.

Itulah beberapa rekomendasi CMS yang bisa Anda pilih untuk membangun e-commerce. Meski banyak isu tidak amannya CMS, tapi terbukti jika sampai saat ini penggunanya justru meningkat terus.

Read previous post:
Extension berbahaya, jalan menuju “hack joomla”

Joomla di hack, menjadi berita yang semakin santer. Semakin sering saja CMS ini menjadi sasaran serangan terutama pada situs-situs pemerintahan.

Close