Memanfaatkan keunggulan prestashop

Pertumbuhan Internet di tanah air menciptakan perubahan dalam tatanan kehidupan masyarakat. Menurut data dari Keminfo, pada tahun 1999 pengguna internet di indonesia hanya satu juta orang saja. tapi kemudian di tahun 2010 pengguna internet telah mencapai 45 juta orang, hampir 25% dari total penduduk. Apalagi ditambah menjamurnya telepon seluler (ponsel) yang dpat digunakan untuk mengakses internet. Keminfo sendiri menargetkan pada 2015 diharapkan 50% penduduk bisa mengakses internet. Jelas pertumbuhan pengguna internet tidak secara linier namun lebih mendekati kuadratik.

Ketika muncul antar muka antara ponsel dan internet, munculah bisnis isi ulang pulsa secara elektronik (dikenal dengan voucher elektrik). Dengan berjalannya waktu, voucher pulsa fisik mulai banyak ditinggalkan mengingat voucher pulsa elektrik menawarkan kepraktisan ruang dan waktu. Bahkan 24 jam berbeda dengan voucher fisik yang harus mengeluarkan uang dan tenaga untuk membelinya. Ini salah satu contoh aplikasi koneksi internet dalam bisnis.Kehadiran Internet di tanah air membuat perubahan dalam tatanan kehidupan masyarakat. Menurut data Keminfo, pada tahun 1999 pengguna internet di indonesia hanya satu juta orang saja. Dan di tahun 2010 pengguna internet telah menembus 45 juta orang, hampir 25% dari total penduduk. Apalagi ditambah menjamurnya telepon seluler (ponsel) yang bisa digunakan untuk mengakses internet.

Keminfo sendiri menargetkan pada 2015 diharapkan 50% penduduk bisa mengakses internet. Jelas pertumbuhan pengguna internet tidak secara linier namun lebih mendekati kuadratik. Ketika muncul interface antara ponsel dan internet, muncul bisnis isi ulang pulsa secara elektronik (dikenal dengan voucher elektrik). Dengan berjalannya waktu, voucher fisik mulai banyak ditinggalkan mengingat voucher elektrik menawarkan kepraktisan ruang dan waktu. Bahkan 24 jam berbeda dengan voucher fisik yang harus mengeluarkan uang dan tenaga untuk membelinya. Ini salah satu contoh aplikasi koneksi internet dalam bisnis.

Di masa masa awal ketika jaringan internet masuk ke tanah air, kita mulai mendengar amazon.com sebuah toko online yang sangat fenomenal dan berbasis di amerika yang menawarakan berbagai produk dan merek. Saat itu masyarakat di Indonesia kebanyakan masih menjadi penonton dalam hal jual beli online.

Secara tidak langsung amazon.com menjadi qiblat para pengusaha atau yang sekedar baru ingin menjadi pengusaha untuk membuat bisnis jual-beli online. Dengan adanya jaringan internet seakan memperpendek jarak antara penjual dan pembeli. Memasuki pertengahan tahun 2000, mulai banyak bermunculan toko online baik yang bermodal raksasa hingga yang bermodal pas-pasan.

Ya, dengan adanya internet semua bisnis bisa di-online-kan. Adapun pasanya adalah para pengguna internet tadi. Dengan kompleksitas kinerja mesin pencari, toko-toko online berlomba-lomba menawarkan produknya yang berupa jasa maupun barang.

Untuk mempunyai sebuah toko online, seseorang harus mempunyai homepage atau lazim kita kenal dengan nama web (laman). Toko bermodal raksasa biasanya membuat web sendiri dengan tampilan kompleks dan menawarkan banyak fitur dan kemudahan. Untuk pemodal besar tentunya berapapun harga web tidak menjadi kendala. Berbeda dengan pebisnis pemula yang banyak terkendala dengan sumber dana.

Untuk pebisnis online pemula yang ingin memiliki sebuah laman situr kini bisa dengan mudah mendapatkan berbagai macam open source software untuk membuat toko online. Dalam dunia toko online lazim kita dengar nama oscommerce, wordpress e-commerce, cubecart, dan joomla. Kini ada satu lagi open source software yang dirancang khusus untuk sebuah toko online. Software ini bernama Prestashop yang dikembangkan mulai tahun 2005 di Perancis.

Prestashop

Di usianya yang ke-5, tepatnya tahun 2010 Prestashop dinobatkan sebagai Best Open-Source E-commerce Application versi PACKT. Pengakuan ini diakui untuk wilayah eropa secara umum dan perancis khususnya. Bukan sebuah kebetulan jika tahun lalu Prestashop terpilih sebagai open-source software toko online terbaik, banyak fitur-fitur unggulan yang tidak atau belum dimiliki oleh open-source lain.

Hingga saat ini Prestashop telah merilis versi 1.4.5 untuk produksi. Sedang untuk pengembangan sudah ada versi beta 1.5-nya. Sembari menunggu versi 1.5, theme 1.5 telah ada dan kompatibel dengan Prestashop 1.4. Saya sendiri masih memilih menggunakan versi 1.3.1 dengan pertimbangan beberapa modul khas Indonesia yang masih dikembangkan agar kompatibel dengan versi Prestashop terbaru

Keunggulan Prestashop

Sebagaimana disebutkan di awal tulisan ini, prestashop memiliki banyak keunggulan untuk sebuah open source software khusus toko online. Menurut pengalaman saya berikut ini adalah fitur-fitur yang wajib ada untuk sebuah toko online:

  1. Display produk disertai deskripsi dan harga
  2. Display produk terbaru
  3. Display produk terlaris
  4. Display harga promo
  5. Display keranjang belanja
  6. Display merek yang dijual
  7. Display rekening bank untuk pembayaran
  8. Display kontak yang bisa dihubungi
  9. Penghitung stok otomatis
  10. Penghitung ongkos kirim otomatis
  11. Fasilitas komunikasi real time online semacam YM

Dan untungnya Prestashop telah mendukung semua itu. Dibanding dengan tools toko online gratisan lainnya jelas prestashop lebih unggul. Di prestashop, halaman depan bisa menampilkan produk dari satu hingga berapapun sesuai selera kita.

Comments are closed.

Read previous post:
Platform wordpress dan keunggulannya

Wordpress adalah content management system opensource yang terpopuler di kalangan para web designer, web developer hingga blogger. Bisa di katakan

Close