Mengenal RSS

RSS adalah kependekan dari Really Simple Sindication, yang merupakan suatu sistem sindikasi yang memungkinkan netters untuk mendapatkan update/artikel terbaru dari situs-situs kesukaan secara otomatis. Misalkan Anda sangat menyukai blog jakarta web hosting, maka dengan mendaftarkan diri di RSS di blog ini Anda akan memperoleh artikel-artikel terbaru setiap kali blog ini di update.

Kebanyakan etters yang tidak mau ketinggalan update terbaru dari blog kesukaan mereka harus mem-bookmark situs-situs tersebut di browser komputer lalu mengeceknya secara teratur dan berkala untuk mengetahui apakah ada artikel terbaru yang ditambahkan. Tapi masalahnya kadang situs yang dibuka belum di update padahal sudah terlanjur memakan waktu

Itulah mengapa RSS sangat dibutuhkan. Dengan mendaftarkan diri di RSS, Netters tidak akan ketinggalan update blog terbaru karena salinannya akan dikirimkan langsung ke Anda. Secara sederhana fungsi RSS ini dapat dianalogikan sebagai loper koran. Jika isi blog adalah koran dan Anda adalah pembaca koran, maka RSS adalah loper koran yang akan mengirimkan koran tersebut kepada Anda. Tentu saja sebelumnya Anda harus mendaftarkan diri terlebih dahulu agar tercatat sebagai pelanggan koran tersebut.

Untuk menggunakan RSS caranya sangat mudah. Karena Anda pasti sudah sering melihat RSS button berwarna oranye seperti yang menjadi background widget sidebar paling atas blog ini. Variasi RSS button sudah semakin banyak, tapi Anda akan melihat ciri khas yang sama berupa dua garis lengkung dan bulatan putih. Atau Anda pasti juga sudah sering menjumpai link yang berbunyi “Dapatkan artikel terbaru blog ini via RSS feed!” atau sejenisnya

Untuk menggunakan RSS, salah satunya anda harus memiliki sebuah program RSS reader. Ada berbagai program RSS reader yang dapat dipilih, di antaranya Feedreader, RSS Bandit, dan SharpReader. Masih banyak pilihan program lainnya yang dapat dilihat di Google. Download dan install-lah program yang Anda pilih.

Meski demikian tdak semua blog menyediakan RSS, karena itu carilah blog yang menyediakan RSS feed agar dapat dibaca oleh program RSS reader. blog yang menyediakan RSS feed umumnya menampilkan sebuah kotak kecil bertuliskan XML atau RSS pada halaman web-nya.

Dalam program RSS reader pasti tersedia fitur untuk menambahkan feed baru. Pilih menu tersebut lalu masukkan URL feed dari web atau blog yang ingin dimasukkan. Alamat feed ini dapat diperoleh dengan mengklik kanan kotak kecil bertuliskan XML atau RSS pada situs, dan memilih menu Copy Shortcut (pada Internet Explorer) atau Copy Link Location (pada Firefox). Selanjutnya alamat tersebut tinggal di-paste ke program RSS reader.

Untuk mendapatkan berita terbaru dari blog yang sudah ditambahkan, pilihlah menu Update pada program RSS reader. Program RSS reader akan mendownload berita terbaru dari semua situs tersebut. Selain itu, program RSS reader umumnya juga bisa diset untuk melakukan update secara otomatis pada periode waktu tertentu.

Comments are closed.

Read previous post:
Optimasi SEO berdasarkan orientasi web hosting

Optimisasi mesin pencari atau SEO adalah salah satu strategi untuk memasarkan produk melalui website, yang terbukti telah mengkonversi pengunjung untuk

Close