Tips menghindari google panda

google panda logoMeski sebenarnya update mengenai algoritma google bukanlah hal yang tiba-tiba, namun perubahan ini tetap berimbas sangat dahsyat karena berdampak langsung pada banyaknya website dan blog yang mengalami penurunan trafik secara signifikan padahal bagi pebisnis online penurunan traffic sama halnya dengan penurunan pendapatan. Alasan Google melakukan perubahan ini sederhana, mereka ingin hasil pencarian sempurna untuk para pengguna internet, yang artinya web atau blog yang memilki kualitas tinggi dan baik yang akan tampil di urutan pertama hasil pencarian.

Bila kemampuan ini digunakan pada spider google, maka google dapat menilai bobot sebuah konten bukan saja dari isi kontennya, tetapi juga dari ciri kualitas konten. Ciri yang dimaksud adalah bounce rate (rasio pentalan) , sebuah website yang berkualitas baik memiliki bounce rate yang rendah sedangkan website dengan konten yang rendah memiliki bounce rate tinggi.

Google Panda juga ditujukan untuk menjaring situs-situs dengan Auto Generate Content atau mereka menyebutnya dengan Content Farm (beternak konten) dan untuk situs-situs yang memiliki kualitas rendah (kontent sedikit, hasil copy paste, banyak menebar iklan dll) akan di urutkan di halaman belakang hasil pencarian .

Berikut ini adalah tips agar blog anda tidak terkena panda :

  1. Bagi pengguna wordpress yang memasang plugin stt2, harap dijinakkan setingannya, yang awalnya set jumlah keyword yang dilist dibawah artikel ratusan, bahkan ribuan, rubah segera dengan memasang 10 saja atau default, dan arahkan link ke post, bukan ke halaman search, karena jika diarahkan kehalaman search blog kita cenderung dianggap sebagai blog agc dan akan dibanned setiap saat.
  2. Periksa google webmaster tools, jangan sampai ada halaman yang error atau bahkan berisi duplikat, baik duplikat title maupun duplikat deskripsi. Sebisa mungkin buat tiap halaman blog Anda unik di mata robot.
  3. Isi halaman 404 dengan cse yang disarankan webmaster tools, silahkan cari scriptnya di webmaster tools dan aplikasikan pada blog Anda.
  4. Jangan memberikan backlink yang berlebihan untuk blog berumur dibawah 3 bulan, kalo diatas 3 bulan boleh Anda perbanyak backlinknya, tapi manual saja, jangan menggunakan scrapebos atau xrummer, atau apalah namanya.
  5. Update Max 10 artikel setiap hari pada blog Anda, ingat google tidak suka situs content farm, jadi jangan terlalu banyak update artikel, usahakan sedikit saja tetapi rutin.
  6. Bagi pengguna wordpress, jangan pernah gunakan robot karena kemungkinan terjadinya duplicate content dengan blog orang lain sangat besar

Comments are closed.

Read previous post:
Benefit menjadi affiliate marketing

Meskipun menjadi affiliate belum populer di indonesia sebagai cara mendapatkan uang dari internet namun belakangan sudah mulai banyak yang tertarik,

Close