SEO : WordPress vs Drupal

drupal vs wordpressMenggunakan Drupal, secara kasaat mata dalam hal instalasi memang jauh lebih ‘sulit’ dibandingkan WordPress, yang serva otomatis. Pada Drupal, ternyata semuanya cenderung manual, mulai dari proses instalasi, hingga penggunaan permalink. Akan tetapi, pada Drupal, kita bisa dengan bebas memodifikasi permalink, mulai dari permalink menggunakan huruf besar, huruf kecil ataupun disisipkan dash ataupun titik, dan hal itu tidak bisa kita gunakan untuk WordPress versi standar.

Jika dibanding dengan sepupunya yaitu WordPress, untuk urusan instalasi sangat teramat mudah, dan memang diciptakan untuk memudahkan penggunanya, mulai dari yang awam hingga yang expert. Ada begitu banyak blog ataupun website yang digunakan untuk tujuan SEO dengan menggunakan WordPress. Ditambahlagi dengan dukungan begitu banyaknya plugin untuk optimasi, sekalipun sebenarnya jika mereka menyadari hal itu, plugin justru memberatkan proses memuat halaman ataupun post.

Alasan pengguna Drupal :

  1. Fleksibilitas dalam menyisipkan bahasa pemrograman, Ini yang paling digemari oleh para blogger Drupal. Anda bisa membuat blok atau halaman dengan menggunakan kode PHP. Misalnya memanggil artikel yang memiliki kategori tertentu. Hal ini tentu saja memberikan nilai lebih terutama bagi mereka yang sudah paham PHP. Mereka dapat tetap dapat dengan mudah mengekspresikan dirinya melalui kode PHP tanpa harus masuk ke file-file Drupal.
  2. Sebagai sebuah CMS yang sudah besar, keberadaan tutorial maupun forum bantuan bukanlah barang langka. Ada begitu banyak tutorial mengenai Drupal termasuk berbagai forum yang dibentuk khusus untuk membahas Drupal. Di Indonesia sendiri komunitas Drupal sudah lumayan banyak yang bergabung di dalamnya
  3. Dengan model administrasi tidak mudah sekali untuk dipahami maka Drupal sangat cocok bagi mereka yang ingin belajar mengembangkan sebuah website. Selain itu kemampuan untuk membuat isi dalam format PHP dan HTML murni juga sangat cocok bagi mereka yang baru belajar dunia website.

Kesimpulannya, untuk pengguna yang sifatnya pemula memang WordPress lebih mudah digunakan dibanding dengan drupal, baik dari segi penggunaan  ataupun dari segi optimasi untuk kepentingan SEO. Berbeda dengan Drupal, namun demikian bukan berarti Drupal buruk justru Drupal memiliki keunggulan lain yaitu fleksibilitas. Poin inilah yang menjadi alasan kenapa begitu banyak blogger yang tetap menggunakan CMS ini.

Comments are closed.

Read previous post:
Domain dan SubDomain

Istilah internet tentu bagi anda yang biasa online pasti tidak asing bukan ? namun lain halnya dengan Domain, ternyata lumayan

Close