Android dan Masalah Lisensinya

android logoJika saat ini hampir semua orang bisa memiliki perangkat smartphone, maka apresiasi yang luar biasa sangat layak diberikan kepada Android.Android memiliki cerita panjang di tahun 2005 dimana Google membeli sebuah perusahaan bernama Android lalu menjadikannya sistem operasi smartphone. Dengan dikepalai oleh Andy Rubin tanpa banyak campur tangan oleh Google,luar biasanya OS ini mampu menggerus symbian milik Nokia dalam waktu yang singkat. Kita bisa melihat betapa majunya smartphone sekarang ini.

Meski harus di akui android bukanlah pelopor teknologi smartphone. Namun android terbukti dapat menjembatani antara user dengan dana pas-pasan dengan dunia smartphone dengan biaya yang terjangkau (saat ini smartphone android dapat di beli dengan harga kurang dari satu juta). Bisa dikatakan dengan fitur yang sama dapat di dapat dengan harga yang jauh lebih murah

Namun kemajuan Android sebagai sistem operasi yang di gemari, belakangan tersandung masalah lisensi mulai dari yang berdampak sangat besar seperti tuduhan Oracle terhadap Google yang memakai Java milik Sun yang sudah diakuisisi oleh Oracle. Pada kasus tersebut setidaknya Oracle telah meminta sedkitnya 6,1 miliar dollar atas penyalahgunaan ini. sedangkan Google menolak karena beranggapak sistem ini adalah open source sehingga boleh digunakan oleh siapapun . Hingga saat ini masalah lisensi ini masih terus berlanjut. Secara posisi hukum sekilas Google berada di pihak yang lebih lemah. Google pun mengakui hanya sedikit lisensi dan hak paten yang mereka miliki.

Bagi Google, seolah-olah sistem operasi ini ingin menghancurkan monopoli pasar sistem operasi yang selama ini dikuasai oleh perusahaan software raksasa lainnya . Sekaligus memberi solusi bahwa untuk memiliki smartphone yang hebat anda tidak perlu banyak mengeluarkan uang. Tentu saja dengan tawaran fitur yang luar biasa bagus namun harga terjangkau akan Dengan kombinasi tersebut akan sangat banyak orang yang tertarik dengan Android. Bagaimanapun harga merupakan pertimbangan yang sangat penting dalam memutuskan pembelian.

Melihat perkembangan Android yang sangat mencengangkan para kompetitor mulai gerah. Langkah paling tepat untuk menghentikan tersebut adalah dengan tuduhan penyalahgunaan paten. Beberapa vendor besar Android, seperti Samsung dan HTC kini tengah mengalami tuduhan penyalahgunaan paten dari Apple Inc. Jika para juri hanya mengandalkan kepada paten itu sendiri dan tidak melihat apa yang telah diusahakan Google agar smartphone menjadi sangat terjangkau, tentu saja Google dan Android akan menghadapi masalah yang sangat sulit.

Comments are closed.

Read previous post:
HTML 5 Sebagai Standard Web Masa Depan

Walaupun belum rampung sepenuhnya, draft pengerjaan dari standard HTML5 oleh World Wide Web (W3) Consortium sudah dapat diterka kemana arah

Close