Ancaman keylogger si pencuri password

Keylogger merupakan sebuah perangkat baik perangkat keras atau perangkat lunak yang digunakan untuk memantau penekanan tombol keyboard. Sebuah Keylogger biasanya akan menyimpan hasil pemantauan penekanan tombol keyboard tersebut ke dalam sebuah berkas log/catatan/rekaman. Beberapa Keylogger tertentu bahkan dapat mengirimkan hasil rekamannya ke e-mail tertentu secara periodik.

Cara kerja Keylogger adalah sebagai mesin atau software yang dipasang atau diinstal di komputer agar mencatat semua aktivitas yang terjadi pada keyboard (bekerja diam diam alias tidak terketahui oleh kita secara kasat mata). Apapun yang anda tuliskan atau ketikkan akan tampil dan tersimpan dalam keylogger tersebut. Manfaat buruk keylogger adalah digunakan untuk mencuri password dan username atau bahkan bisa juga untuk mencuri nomor credit card.

Dahulu sempat terdengar untuk mengatasi keylogger cukup dengan virtual keyboard on screen keyboard, tetapi hal itu salah. Meskipun keylogger tidak dapat merekam ketikan virtual keyboard atau on screen keyboard, tetapi ternyata kelogger masih mampu melakukan screenshoot.

Keylogger mempunyai kelemahan yaitu tidak dapat merekam aktivitas mouse, oleh karena itu mari kita manfaatkan kelemahan itu. Kita dapat mencegah kemungkinan adanya keyloger dengan mengcopy paste password ke notepad terlebih dahulu misal password anda : 1234 ketiklah di notepad dengan @#!$1234)(*&^ nantinya keylogger akan merekam password yang salah, sedangkan anda bisa mengcopy password yang benar

Comments are closed.

Read previous post:
Pentingnya jaminan uptime untuk website anda

Alasan logis mengapa kebanyakan orang membutuhkan perusahaan web hosting untuk website mereka adalah agar website mereka dapat dilihat oleh orang

Close