Windows di era smartphone

windows phoneMeskipun microsoft adalah raksasa software dengan windows nya, namun untuk urusan smartphone sistem operasi windows phone dari Microsoft merupakan sistem operasi yang paling sedikit digunakan konsumen. Artinya penguasaan pasarnya paling rendah. Jika dibandingkan dengan Android yang di pasar Amerika memperoleh hampir 35%, iOS Apple 27%, dan BlackBerry RIM sekitar 25%.

Hal ini tentunya menimbulkan banyak pertanyaan, mengapa windows yang notabene milik perusahaan raksasa sebesar Microsoft bisa sangat rendah keberhasilannya di pasar smartphone. Bandingkan saja dengan kesuksesan mereka sistem operasi komputer yang hampir tak ada lawan. Anehnya walaupun mereka sudah melakukan perbaikan terhadap sistem operasi tersebut, konsumen tetap tak berubah seleranya atau pasar windows phone begitu-begitu saja, alias tetap rendah.

Dari hasil analisa beberapa situs marketer bisa disimpulkan, sepertinya masalah windows phone tersebut bukanlah pada fitur yang kurang canggih jika dibandingkan dengan sistem operasi lain seperti Android, iOS atau BlackBerry, namun lebih kepada masalah pemasaran.  Artinya, ternyata windows phone ini belum di edukasi secara baik oleh para penjual di Microsoft kepada pengguna sehingga seolah olah pengguna tidak memiliki alasan yang cukup kuat untuk membeli smartphone berbasis windows phone sehingga menjatuhkan pilihan,  kepada sistem operasi lain seperti Android, iOS dan BlackBerry.

Sebenarnya dari segi teknologi platform ini terus melakukan perbaikan dan menuju ke arah yang benar. Namun, perbaikan yang dilakukan sepertinya tidak akan ada gunanya selama pengguna masih tidak peduli dengan windows phone. Mereka cukup puas dengan platform yang mereka pakai saat ini sehingga sanagt sulit bagi mereka untuk berpindah.

Sebagai contoh adalah pengguna iPhone dari Apple, jangankan berpindah ke windows phone, ke BlackBerry atau Android pengguna ini akan sangat tidak mau. Pengguna iPhone, seperti kebanyakan pengguna produk buatan Apple lainnya adalah konsumen yang sangat loyal karena mereka tahu Apple sudah sejak lama dan senang dengan cara dan fitur yang ditawarkan iPhone. Pengguna BlackBerry pun demikian. Apalagi di  Indonesia, menggunakan BlackBerry memiliki gengsi tertentu. Mereka adalah pengguna yang loyal dan senang dengan cara-cara, fitur-fitur yang ditawarkan oleh RIM sehingga mereka tidak mau ke lain hati.  Demikian juga dengan pengguna Android walaupun belum terlihat benar keloyalan mereka. Sementara Windows Phone tidak memiliki hal ini, terutama mungkin karena lebih belakangan diperbaiki padahal sudah cukup lama berada di pasar.

 

Comments are closed.

Read previous post:
Sistem Operasi Linux Pada Smartphone

Semakin banyaknya pengguna smartphone di dunia menarik minat dua perusahaan raksasa pengembang Linux untuk membuat sistem operasi mobile untuk memasuki

Close