Pilih Hosting Windows atau Linux?

Mungkin terkadang kalian bingung sebaiknya pilih Hosting Windows atau Linux yah? Masing-masing platform ada kelebihannya, misalkan Hosting Windows memungkinkan kalian untuk hosting aplikasi-aplikasi web berbasis .NET , sedangkan Hosting Linux lebih fokus mendukung PHP.

Beberapa pertimbangan ini mungkin akan membantu anda untuk menetapkan pilihan hosting kalian:

1. Bahasa pemrograman apa yang anda gunakan dalam website kalian? Atau aplikasi web apa yang kalian gunakan dalam website anda?

Jika kalian menggunakan bahasa pemrograman PHP atau PERL maka bisa saya sarankan untuk memilih Linux Hosting karena PHP memang dibangun untuk platform OS Linux/Unix, oleh karena itu web dengan dasar PHP akan lebih stabil dan reliable dalam Hosting Linux dan jauh lebih mudah di konfigurasi.

Tetapi sebenarnya kalian juga dapat memilih Hosting Windows untuk website kalian yang menggunakan PHP, namun terkadang cenderung tidak stabil dan susah untuk di konfigurasi. Jika website anda menggunakan bahasa pemrograman ASP Classic atau ASP.NET,  maka anda harus memilih Windows Hosting. Karena ASP Classic dan ASP.NET hanya bisa jalan di atas server berbasis Windows.

2. Aplikasi Web apa yang akan kalian gunakan untuk website kalian?

Jika website anda menggunakan aplikasi seperti WordPress, Joomla, OsCommerce, atau aplikasi web berbasis PHP lainnya, maka bisa saya sarankan untuk memilih Linux Hosting karena memang PHP lebih baik dijalankan dalam platform Linux. Namun sekali lagi, anda tetap bisa menggunakan aplikasi web ini dalam Windows Hosting, seperti blog ini yang saya host dalam Windows Server.

Jika website anda menggunakan aplikasi seperti DotNetNuke, .NET StarterKit, Community Server, atau aplikasi web berbasis .NET lainnya, maka anda harus memilih Hosting Windows agar aplikasi tersebut bisa dijalankan dalam website anda.

3. Database apa yang akan anda gunakan?

Database juga bisa menjadi pertimbangan anda untuk memilih jenis hosting yang sesuai. Jika anda membutuhkan MySQL database anda bebas memilih Linux Hosting atau Windows Hosting. Tetapi jika anda menggunakan MSSQL atau MSAcess database maka anda harus memilih Windows Hosting karena kedua jenis database ini hanya terdapat di Windows Server.

Dengan beberapa poin di atas anda dapat mempertimbangkan hosting mana yang akan anda pilih, dan berita baiknya adalah JakartaWebHosting sebagai penyedia Hosting di Indonesia menyediakan paket Hosting baik berupa Linux Hosting maupun Windows Hosting.

Pilihan paket yang beragam pastinya dapat mempermudah anda dalam memilih dan memutuskan hosting mana yang akan dipilih. Namun jika anda masih bingung, anda dapat segera chatting dengan sales dan support kami yang ramah melalui link chatting kami di JakartaWebHosting.com.

Comments are closed.

Read previous post:
Pencegahan serangan hacker ke wordpress

Wordpress hosting adalah salah satu favorit pengembang website saat ini, tak lain adalah karena platform blogging ini sangat mudah digunakan.

Close