Webhosting dan pengaruhnya untuk SEO

google crawlMesin pencari seperti google menggunakan crawler untuk meng-indeks semua halaman web. Disinilah pentingnya menjaga website tetap normal dan tidak down, karena jika web site anda down pada saat crawler sedang menelusuri situs anda, makan mesin pencari tidak bisa menelusuri dan mencari setiap perubahan yang dibuat oleh web site anda. Ini berarti usaha anda dalam melakukan optimasi SEO , tidak akan dicatat oleh mesin pencari.

Memiliki web site dengan loading yang lambat, dapat mengurangi hasil SEO yang optimal untuk web site anda. Anda perlu cermat dalam memilih web hosting yang handal dan memiliki server yang kuat. Pilihlah web hosting yang memiliki jaminan sumber daya web hosting yang baik (CPU, RAM, dan hardisk) dan mendukung unjuk kerja web site anda, sehingga web site anda akan berjalan dengan smooth, walaupun anda sedang upload konten dalam jumlah besar, atau dikunjungi ratusan pengunjung yang unik (unique visitor) setiap harinya. Nah… parahnya jika web site anda terlalu lama loading-nya ketika dikunjungi, bukan tidak mungkin pengunjung menjadi jengkel dan enggan untuk mengunjunginya lagi.

Google menggunakan algoritma yang mendeteksi berapa lama seseorang mengunjungi situs anda sebelum kemudian kembali ke hasil mesin pencari lagi. Informasi ini akan masukkan ke dalam skor SEO dan berakibat langsung terhadap peringkat web site anda. Jika pengunjung anda hanya mengunjungi web site beberapa detik, karena jengkel dengan waktu loading yang lama, maka yakinlah web site anda akan mengalami penurunan page rank. Jika Anda ingin situs Anda untuk terdapat di bagian atas mesin pencari dan tetap di sana, maka Anda paket hosting yang reliable (handal) dengan sumber daya server yang besar.

SEO dalam hubungannya dengan bisnis online adalah upaya untuk mendekatkan web site anda dengan target pasar. Jika target pasar anda adalah khusus di indonesia, otomatis ingin rangkingnya bagus di Indonesia,  maka pilihlah server web hosting kami yang secara fisik di dalam wilayah indonesia. Namun, Jika anda ingin web site anda rangkingnya bagus di Google, maka gunakanlah web hosting kami yang secara geologis berada di USA.

Tips untuk mengatasi Downtime agar tidak berdampak buruk pada site anda :

  • Gunakan tools yang memberi peringatan saat terjadinya down untuk selalu memonitor website anda (tools semacam ini tersedia gratis).
  • Ketika server down segera hubungi provider web hosting anda, web hosting yang baik memiliki kontak support 24 jam yang siap membantu anda. Semakin cepat situs anda up, maka akan semakin baik
  • Pastikan bahwa pendaftaran nama domain anda up to date dan ditetapkan untuk autorenew.
  • Gunakan Google Webmaster Tools untuk mencari error yang terjadi saat Google melakukan crawl.

 

Comments are closed.

Read previous post:
Blog di banned google

Membangun blog yang baik memakan waktu yang sangat lama, karena itulah banned oleh google menjadi hal yang sangat menakutkan bagi

Close