Tips Kelola Bisnis Anda Dengan Google Adwords

Pertumbuhan penduduk di Indonesia yang semakin cepat menambah jumlah persaingan dalam dunia karir semakin ketat. Namun bagi sebagian orang hal ini dimanfaatkan untuk dijadikan kesempatan merintis usaha, dengan asumsi jumlah penduduk yang banyak maka kebutuhan hidup pun bertambah. Banyak yang sudah mulai membuka usaha walaupun masih dimulai dari UKM atau Startup. Tentunya modal usaha yang dibutuhkan tidaklah sedikit, dari segi modal produksi, modal support untuk produksi, dan terakhir modal untuk pemasaran.

Pemasaran dikatakan penting apabila kita ingin menjual produk kita, karena dibutuhkan yang namanya pengenalan produk kepada konsumen. Bagi sebagian pengusaha, modal bukanlah halangan. Karena mereka memang sudah memiliki dana yang melimpah, sehingga tidak lagi terbebani modal untuk pemasaran ini. Namun bagaimana caranya bagi pemilik UKM atau Startup yang memiliki modal sedikit? Adakah cara untuk mereka bisa memasarkan usaha mereka dengan modal yang terbatas?

Jawabanya “Ada”. Saya akan memperkenalkan sistem pemasaran secara online yang disediakan oleh Google yang bernama Google AdWords. Google AdWords menerapkan sistem pengiklanan PPC (Per Payment Click), maksudnya adalah setiap pengunjung yang mengclick iklan kita, maka kita harus membayarnya. Berapa biaya yang dibutuhkan? Menurut informasi yang saya dapat batas maksimal per click adalah Rp 10,000, berarti dengan menggunakan biaya maksimal semakin besar kesempatan iklan Anda untuk ditayangkan di halaman pencarian Google.

Tips untuk mengoptamalisasi pemakain Google AdWords adalah mempersempit target sesempit mungkin. Dengan iklan tertarget,dan hanya user potential yang akan melihat iklan Anda, sehingga kemungkinan terjadi deal semakin besar. Minimalisasi anggaran sangat mungkin tercapai.

Karena bukan cuma kita yang ingin mendapatkan posisi potensial dalam Google Adwords. Lalu bagaimana caranya?

Google Search

Bisnis dengan anggaran kecil harus beriklan hanya di Google Search. Artinya hanya muncul dihalaman pencarian Google, sering disebut dengan search engine marketing. Anda lupakan display advertising, atau Iklan yang muncul di halaman website jaringan google yang masuk dalam program Google Adsense, karena cenderung kalah efficient dibandingkan dengan Google Search. Jika budget Anda besar, display advertising bisa Anda pilih.

Pemilihan Keyword yang Tepat

Ini tahap yang penting. Pilih kata kunci sesuai brand Anda, meliputi: nama perusahaan, brand plus nama produk atau jasa yang ditawarkan (misal: Bengkel Kiat, Kiat Bengkel cat mobil). Kata

kunci dengan brand Anda sangat cenderung harga kliknya murah dengan peluang diklik (CTR) tinggi.

Selanjutnya pilih keyword long tail, atau panjang dan spesifik, dari pada keyword yang terlalu umum. Restoran adalah contoh keyword yang sangat umum, restoran jepang masih umum, restoran jepang di jogja bisa dikatakan sempit. Pilih sesuaikan dengan bisnis dan target konsumen Anda.

Target Lokasi

Dalam pengaturan campaign, pertama tentu pilih negara dan bahasa Indonesia jika bisnis Anda lokal. Di Indonesia, sayangnya target untuk lokasi sempit, misalnya kota, zip code, belum support. Cara mengkalinya adalah dengan menambahkan nama kota di pemilihan keyword. Misalnya: bengkel mobil sidoarjo, salon muslimah klaten, dll. Kita juga bisa menargetkan berdasarkan radius dari tempat posisi bisnis. Tapi apakah bagus? Saya belum pernah coba.

Membagi waktu

Anda bisa menentukan waktu tertentuk iklan tayang, misalnya hanya pada jam bisnis dan hari kerja. Atau hanya pada jam jam sibuk pengguna internet. Misalnya salon Anda laris pada hari libur, Anda bisa mengatur iklan tayang pada hari jumat, sabtu atau minggu saja.

Target Perangkat

Kita dapat mengatur secara berbeda iklan yang muncul di laptop/PC/tablet dan Handphone. Laptop dan tablet menurut Google dianggap sama karena berdasarkan penilitian perilaku user nya sama. Misalnya pada jam macet, untuk kota besar, Anda bisa menaikkan bidding lebih besar untuk iklan yang muncul di mobil phone. Dengan asumsi pada waktu macet pengendera mobil browsing internet, dan mungkin yang mereka cari adalah produk atau jasa Anda.

Bagaimana ? Menarik bukan, Jadi jangan ragu lagi untuk mulai merintis usaha anda. Karena sistem pemasaran pun dapat dilakukan di dunia digital dan target marketnya pun sudah jelas.

banner Jakarta Web Hosting Indonesia

Read previous post:
Pengaruh nama domain terhadap SEO

Pengaruh nama domain terhadap SEO Internet sudah menjadi bagian yang melekat pada kehidupan kita sehari-hari, tidak heran salah satu vendor

Close