Tag, Meta Tag, Meta Tag Description, apa fungsinya?

Pernahkah kalian mendengar tentang Tag, Meta Tag dan Meta Tag Description? Apabila kalian mencari informasi tentang SEO, pastinya kalian pernah melihat kata Tag, Meta Tag, Meta Tag Description pada informasi tersebut. Sebenarnya apa pengertian dari semua kata tersebut? Pada kesempatan kali ini saya akan membahas pengertian dari Tag, Meta Tag, dan Meta Tag Description.

Pengertian Tag

Tag adalah perintah yang terdiri dari suatu kata atau banyak kata yang diolah dalam dokumen HTML. Fungsi Tag sama dengan kelompok kata namun berbentuk lebih fleksibel dibandingkan dengan kelompok kata. Fungsi dari Tag sendiri yaitu untuk mengklasifikasikan sebuah artikel ataupun Content dalam sebuah situs. Pada umumnya Tag berkerja sebagai keyword. Apabila kita membutuhkan keyword untuk situs kita maka kita akan membuatnya serelevan mungkin dengan tema situs kita. Begitu juga dengan Tag yang berfungsi sebagai sebuah Keyword untuk artikel.

Pengertian Meta Tag

Meta tag adalah kode-kode HTML yang terletak pada bagian halaman sebuah situs. MEta tag tidak akan muncul pada bagian halaman tulisan ataupun halaman situs. Fungsi meta tag pun sama seperti tag yaitu untuk membantu User Browser untuk menemukan informasi yang mereka butuhkan.  Karena Meta Tag akan mewakili judul serta gambaran halaman postingan yang tengah di cari melalui msein pencari di internet dan apabila kata kunci (keyword) tersebut cocok dengan judul serta gambaran postingan kalian, maka judul artikel kalian lah yang tampak di halaman index pencarian.

Meta Tag Description

Meta Tag Description adalah sebuah perintah yang berwujud kode HTML di dalam template Blog atau Web dan terletak di setiap masing – masing halaman. Fungsi dari Meta Tag Description ialah untuk mengemukakan ringkasan informasi dari suatu judul halaman postingan Blog atau Web kalian yang nantinya akan muncul pada mesin pencari dan letak spesifiknya berada di bawah judul utama dari postingan tersebut. Membuat Tag Desciption pun tidak boleh sembarangan, karena membuat Meta Tag Description yang relevan dengan judul postingan akan lebih memperoleh banyak Clickthrough atau lebih sering di klik User lainnya.

Kira – kira seperti itulah pengertian dari Tag, Meta Tag dan Meta Tag Description. Ketiganya akan berpengaruh dalam SEO Website kalian. Cermati penggunaan dari ketiganya maka akan kalian rasakan hasil yang terdapat pada indeks mesin pencarian.

Read previous post:
Tingkatkan SEO dengan Web Hosting yang Bermutu
Tingkatkan SEO dengan Web Hosting yang Bermutu

Mungkin yang pertama akan saya coba jelaskan secara singkat adalah apa itu SEO. Penjelasan secara singkatnya SEO ( Search Engine Optimization)

Close