SEO Service

Mengenal google panda

google pandaHampir semua konsumen (97 persen) sekarang penelitian produk atau layanan online sebelum melakukan pembelian, menurut sebuah studi oleh BIA / Kelsey. Search engine optimization (SEO) adalah proses meningkatkan konten situs Web untuk memaksimalkan potensi peringkat pada organik (gratis) halaman hasil mesin pencari (SERPs).

Search engine penghargaan peringkat tinggi untuk situs web dengan konten berkualitas tinggi dan kredibilitas tinggi sementara “de-peringkat” atau “de-listing” situs web dengan konten berkualitas rendah atau kredibilitas rendah. Panda, algoritma update terbaru Google, bertujuan untuk melakukan hal itu. Lebih dari 12% dari semua situs web AS telah terpengaruh, mengirimkan gelombang listrik melalui industri.

Sehingga sejak 28 Februari 2011 Google menerapkan alogaritma baru pada mesin pencarian mereka yang dikenal dengan istilah Google Panda, perubahan ini berdampak pada banyaknya website dan blog yang mengalami penurunan trafik secara signifikan. Alasan Google melakukan perubahan ini sederhana, mereka ingin hasil pencarian sempurna untuk para pengguna internet, yang artinya web atau blog yang memilki kualitas tinggi dan baik yang akan tampil di urutan pertama hasil pencarian.

Google Panda sendiri ditujukan untuk menjaring situs-situs dengan Auto Generate Content atau mereka menyebutnya dengan Content Farm (beternak konten) dan untuk situs-situs yang memiliki kualitas rendah (kontent sedikit, hasil copy paste, banyak menebar iklan dll) akan di urutkan di halaman belakang hasil pencarian .

Berikut ini adalah sedikit tips untuk mengatasi google panda.

Original Content (Tulisan sendiri) :

Hal ini sudah tidak bisa ditawar-tawar lagi, konten adalah segala-galanya di mata search engine, usahkan meminimalkan hasil copy paste pada blog dan lupakan auto blog. 100 dollar per hari dengan auto blog? Google Panda akan mengirim urutan blog anda ke 100 atau bahkan hilang dari pencarian. Jangan lupa juga untuk menghindari duplicate content pastikan blog menggunakan rel=canonical untuk mengatasi masalah ini.

Jangan terlalu banyak memasang Iklan :

Google panda adalah robot, jika sekarang ada banyak iklan pada konten atau postingan blog, otomatis akan dibaca sebagai content farm, sebagai contoh situs-situs besar yang sudah terkena efek ini adalah AssociatedContent.com, FindArticles.com, EZineArticles.com, Cult of Mac dan British Medical Journal. Semua situs besar ini sekarang mengalami penurunan trafik drastis, meskipun iklan yang mereka pasang adalah milik google sendiri (Adsense).

Backlink:

Cari backlink yang berkualitas dan sesuai dengan tema blog, kualitas backlink akan di monitor oleh Google panda, hal ini menentukan ranking web atau blog. Serta jangan menggunakan auto surf untuk menarik pengujung apalagi melakukan Black Hat Seo.

Desain dan User-Interface:

Perbaiki seluruh elemen blog, pastikan navigasi yang jelas sehingga pengunjung akan mudah mencari informasi pada blog. Untuk User Interface sertakan beberapa tombol sosial bookmark dan jangan tutup bagian komentar pada postingan.

 

Comments are closed.