Menentukan Provider Domain Dan Hosting Untuk Website Dengan Tepat

Domain dan hosting adalah nyawa dari sebuah website, tanpa mereka tidak akan ada sebuah website ataupun blog.  penyedia layanan untuk membeli domain dan menyewa sebuah hosting memiliki provider masing – masing. Jasa yang diberikan pun bermacam – macam bentuknya sesuai dengan kebutuhan masing – masing pelanggan. Sebuah web hosting biasanya memberikan pilihan pelayanan domain dan hosting dengan pendaftaran nama domain dan pengaturan untuk perpanjangannya setiap tahun, penyewaan space hosting untuk windows dan lnux, kemudian ada beberapa yang menydiakan layanan VPS dan dedicated server untuk mereka ynag membutuhkan bandwith lebih besar dari rata – rata.

Domain dan hosting yang sudah dibayarkan akan terus dimanage melalui provider tersebut, kehidupan website selanjutnya tergantung kepada kompetensi pihak mereka, sekali saja mereka melakukan maintenance atau eprbaikan atau hal – hal semacamnya maka website Anda akan berada dalam keadaan mati suri. Itulah kenapa sangat penting untuk menentukan provider domain dan hosting untuk website dengan tepat.

Lalu apa yang harus dilakukan agar tujuan tersebut terlaksana dengan benar?

Mari kita cermati langkah – langkah sebelum memutuskan memilih provider domain dan hosting untuk website kita berikut ini, :

  1. Kenali kebutuhan Anda dalam hal jenis hosting. Apakah Linux Hosting ataukah Windows Hosting? Linux hosting akan dibutuhkan jika Anda membangun sebuah website berbasis Perl, Phyton atau Ruby dengan database MySQL. Sedangkan Windows Hosting akan dibutuhkan oleh website dengan basis pemrograman ASP atau ASP.NET.
  2. Tentukan tujuan pembangunan website yang akan ditempatkan di provider domain dan hosting tersebut, apakah untuk web blog pribadi ataukah untuk menjalankan sebuah usaha. Jika berupa blog dengan kebutuhan keamanan medium Shared Hosting sudah cukup bagus untuk disewa. Namun jika memnginginkan keamanan memory tingkat tinggi disarankan untuk menyewa VPS (Virtual Private Server). Lain lagi jika kebutuhan Anda adalah bandwith yang besar untuk menampung lalu lintas pengunjung maka provider domain dan hosting yang menyediakan Dedicated Server adalah pilihan yang tepat.
  3. Carilah provider domain dan hosting yang memberikan support dalam bentuk chat dan nomor telepon yang jelas dan responsif sehingga jika terjadi sesuatu pada server Anda menjadi yang pertama mengetahuinnya.

Comments are closed.

Read previous post:
Membuat Web Hosting Secara Mudah Dengan Reseller Hosting

Membuat bisnis web hosting sendiri akan jadi sedikit merepotkan jika seseorang  tidak terlalu paham tentang teknologi yang berkaitan dengan server.

Close