The power of Open Source

open sourceJika  selama ini Open source selalu identik dengan software, sebenarnya tidak selalu Open Source adalah istilah yang luas. Penggunaannya tidak hanya terbatas pada perangkat lunak. Bisa di istilahkan untuk apapun, baik perangkat lunak atau mobil atau hanya minuman ringan, praktek dalam produksi dan pengembangan dapat diakses bebas secara terbuka untuk masyarakat Namun dalam konteks artikel ini, kita akan berfokus pada piranti lunak dan teknologi

Perangkat lunak open source memiliki kode sumber tersedia secara bebas untuk umum, untuk menggunakan, memodifikasi dan mendistribusikan ulang tanpa membayar royalti kepada pengembang asli. Jadi pengembang di segmen industri yang beragam, baik logistik atau manufaktur atau kesehatan, bisa menggunakan kode sumber sebagai platform untuk mengembangkan setelan aplikasi untuk kebutuhan spesifik mereka.

Sedikit modifikasi dari kode dasar akan menyebabkan produk tersebut lebih handal, bahkan dalam beberapa kasus piranti lunak yang awalnya biasa-biasa saja berhasil bertransformasi sepenuhnya dengan fitur dan fungsionalitas yang baru. Jadi kurang lebihnya open source secara tidak langsung sudah mendukung inovasi yang terus menerus di antara para pengembang, bukan semata-mata mengandalkan vendor pihak ketiga atau aplikasi perangkat lunak dikemas untuk memenuhi kebutuhan perangkat lunak Anda.

Open Source Initiative (OSI) adalah sebuah komunitas pengembang, dimaksudkan untuk menciptakan sebuah platform untuk berbagi ide, menciptakan kesadaran, dan mendidik orang. Masyarakat dapat berkembang dan tumbuh hanya melalui sumbangan dari mitra masyarakat itu sendiri, meski demikian biasanya ada perusahaan besar yang sering memberikan dukungan mereka kepada mereka. dan yang harus di ingat sebagian besar ahli dan profesional TI mencintai Sistem Operasi Linux dan Komunitas Linux.

Hal ini dapat mungkin karena banyaknya fakta bahwa Linux memiliki ribuan program open source berkualitas tinggi, yang tersedia bebas untuk digunakan dan pengujian. Bahkan dalam beberapa forum online banyak yang menyatakan bahwa Linux memang adiktif karena fleksibilitasnya yang luar biasa.

Di sisi lain perkembangan dari segi korporasi linux juga terlihat ada geliat bisnis, terlihat dari adanya akuisisi Oracle dari Sun Microsystems yang merupakan langkah besar dalam komunitas open source. Beberapa aplikasi populer seperti MySQL, OpenOffice dan OpenSolaris sekarang adalah bagian dari payung Sumber Terbuka Oracle. Oracle baru-baru mengumumkan strateginya mengelola MySQL dan OpenOffice, dimana kedua entitas akan terus menerima investasi dari Oracle.

Linux dan opensource telah banyak berkontribusi dalam sejarah perkembangan dunia IT, menggunakannya tau tidak ada pada pilihan anda. Termasuk dalam hal hosting, kami juga mendukung opensource dan saat ini kami juga menggunakan redhat enterprise untuk paket Linux hosting kami

Comments are closed.

Read previous post:
Keunggulan linux dari sisi pengguna

Banyak orang lebih suka menggunakan windows daripada linux, karena windows memang lebih mudah di gunakan dan fitur yang diberikan sangat

Close