Dukungan untuk Ruby on Rails

ruby on railsPengembangan dan pembuatan sebuah aplikasi web merupakan sesuatu yang sangat melelahkan jika webmaster harus benar-benar membuat dari awal. Oleh karena itulah, sekarang ini banyak bermunculan framework yang selain mempercepat proses pengembangan, namun juga menawarkan suatu standar yang memungkinkan aplikasi web tersebut menjadi mudah untuk dikembangkan lebih lanjut.

Salah satu di antara framework yang ada tersebut adalah Rails yang dibuat menggunakan bahasa Ruby. Rails memungkinkan pengembangan aplikasi web yang tidak hanya cepat tapi juga rapi dan terstruktur dengan serangkaian standar dan aturan yang dimilikinya. Rails saat ini telah menjadi framework yang sedang naik daun dalam dunia pemrograman web. Bahkan, sang pembuat framework ini pun mengatakan bahwa impiannya adalah membuat Rails mampu bersaing dengan teknologi mainstream di dunia aplikasi enterprise, yaitu .NET dan Java.

Ruby pertama kali dibuat oleh seorang programmer Jepang bernama Yukihiro Matsumoto. Pada tahun 1993 Yukihiro ingin membuat sebuah bahasa skripting yang memiliki kemampuan orientasi obyek. Pada saat itu pemrograman berorientasi obyek sedang berkembang tetapi belum ada bahasa pemrograman scripting yang mendukung pemrograman obyek. Penulisan Ruby dimulai pada Februari 1993 dan pada Desember 1994 dirilis versi alpha dari Ruby.

Pada awal perkembangan Ruby, Yukihiro menulis Ruby sendiri sampai pada tahun 1996 sudah terbentuk komunitas Ruby yang banyak mengontribusikan perkembangan Ruby. Saat ini Ruby telah berkembang tidak hanya di Jepang, tetapi diseluruh dunia termasuk di Indonesia. Bulan Agustus tahun 2006, Macintosh telah melakukan kerja sama dengan mengintegrasikan Ruby on Rails pada Mac OS X v10.5 Leopard telah diluncurkan bulan Oktober 2007.

Walaupun pengguna Ruby di Indonesia saat ini sudah terlihat banyak, mencari webhosting yang support untuk Ruby tidaklah mudah. Beberapa memang menyediakan,namun kebanyakan memberi syarat bahwa user haruslah upgrade ke level premium hosting untuk dapat menggunakan Ruby. Karena itulah kami memberikan layanan ekstra dengan memudahkan anda pengguna Ruby untuk dapat mengimplementasikannya di server kami. cPanel 11 yang kamu gunakan sudah mendukung Ruby on Rails untuk pengembangan web aplikasi. Sehingga anda secara mudah dapat menjalankan naskah dan penginstalan ruby untuk menginstal keduanya yaitu Ruby dan Ruby on Rails. RubyGems dapat dengan mudah ditambahkan melalui WHM ataupu cPanel.

 

Comments are closed.

Read previous post:
Google plus, benarkah ancaman bagi facebook?

Setelah beberapa tahun yang lalu beberapa jejaring sosial google seperti buzz atau wave tidak terhitung sukses, kini google mengeluarkan jejaring

Close