10 situs besar mematikan layanan mereka terkait dengan SOPA

sopaSejumlah situs yang bermarkas di Amerika Serikat, pada hari rabu kemarin (18/1/2012), akhirnya benar benar melakukan blackout, bahkan ada yang sampai mematikan sementara layanan mereka. Blackout ini dilakukan sebagai aksi protes penyedia layanan tersebut terhadap rancangan undang-undang anti-pembajakan (RUU anti-pembajakan) di AS.

Rancangan undang undang ini ada dua, yaitu Stop Online Piracy Act (SOPA atau RUU Anti Pembajakan Online) dan Protect Intellectual Property Act (PIPA atau RUU Perlindungan Hak Kekayaan Intelektual).

Berikut ini adalah 10 situs besar yang memutuskan untuk memblokir sementara layanan mereka di AS. Tampilan awal situs mereka adalah gambar atau teks yang isinya memprotes RUU SOPA dan PIPA di AS.

  1. Google
  2. WordPress
  3. Wikipedia
  4. Mozilla
  5. BoingBoing
  6. The Huffington Post
  7. Electronic Frontier Foundation (EFF)
  8. Dinosaur Comics
  9. Craiglist
  10. Consumer Electronics Association (CEA)

Dilansir Venture Beat, SOPA dijabarkan nantinya memperbolehkan pemerintah AS dan perusahaan pemegang hak cipta untuk menargetkan situs asing alias dari luar AS yang dianggap melakukan pelanggaran, pembajakan atau pemalsuan kekayaan intelektual. Contohnya, jika ada website yang dituding memiliki konten ilegal yang melanggar hak cipta (termasuk di antaranya lagu, gambar, video klip, dan lainnya), maka situs tersebut dapat diblokir oleh ISP di AS, tak dicantumkan dari mesin pencarian, dan bahkan dihadang untuk menjalankan bisnis online dengan penyedia jasa pembayaran seperti PayPal.  Tak pelak, melihat berbagai kemungkinan yang bisa dilakukannya, banyak pihak yang mengkhawatirkan implementasi dari UU ini. Sebab secara drastis akan mengubah cara internet beroperasi.

Comments are closed.

Read previous post:
Promo Diskon Awal Tahun Jakarta Webhosting

Jakarta webhosting memberikan promo diskon sebesar 20% untuk semua jenis layanan web hosting Klik disini untuk mendapatkan bantuan dari technical

Close