Internet Marketing

Pilih PPC atau SEO ?

ppc atau seoKetika sedang mencari target pasar untuk bisnis Anda, baik online atau offline, menggunakan teknik pemasaran melalui mesin pencari adalah solusi yang sangat tepat tanpa harus peduli seperti apa target pasar Anda. Ada berbagai cara untuk membuat yang promosi handal melalui mesin pencari, diantaranya adalah dengan memanfaatkan ppc atau seo. Namun menentukan pilihan antara PPC dan SEO bisa menjadi pilihan yang sulit jika Anda baru untuk bisnis online, umumnya karena masalah biaya dan masalah teknis yang merepotkan. Sebelum memilih dibawah ini adalah deskripsi tentang dua strategi promosi tersebut, diantaranya :

PPC (Pay Per Click)

Teknik berpromosi ini adalah dengan cara beriklan dengan berbayar. Promosi berbayar ini dapat kita lakukan dengan menjadi advertiser di beberapa layanan PPC lokal maupun luar atau anda memasang di PPC paling hebatyaitu Google Adword. perhitungan pembayarannya adalah dari setiap iklan kita di klik oleh siapapun. Dalam hal promosi berbayar ini, PPC yang paling direkomendasikan layanan PPC dari Google Adword karena google akan menempatkan iklan yang kita pasang di urutan pertama hasil pencarian. Dengan begitu kita tidak perlu susah payah menerapkan seo tapi bisa menenpati halaman pertama di search engine yang diharapkan bisa memberikan kunjungan ke website anda.

Keuntungan menggunakan PPC

  1. Proses nya yang cepat
  2. Traffik target nya atau pengunjung nya lebih tertarget karena di pasang oleh search engine di tempat yang seharusnya

Kelemahan PPC

  1. Terlalu kompetitive
  2. Biaya iklan yang mahal dan bisa membengkak apabila kita tidak mengetahui bagaimana menggunakan PPC yang benar
  3. Tidak fleksibel

SEO (Search Engine Optimization)

SEO merupakan teknik termurah dan paling familiar di kalangan pebisnis online. Alasannya bisa dipelajari secara gratis dan tidak membutuhkan biaya yang begitu besar dan juga anda akan mendapatkan traffic murni untuk blog kita dari mesin pencari. Teknik seo pada dasarnya membuat blog kita disenangi mesin pencari, kalau mereka sudah senang dengan blog kita, maka dengan senang hati blog kita akan di tempatkan pada posisi terhormat dalam hasil pencarian. Tetapi SEO membutuhkan kerja keras dan kesabaran, itupun belum tentu berhasil

Keunggulan dalam melakukan SEO adalah :

  1. Menghasilkan pengunjung organic / organic traffik
  2. Tidak ada biaya tertentu dalam melakukan kegiatan SEO . Atau kita bisa melakukan nya dengan tanpa biaya
  3. Jangka panjang , karena menempatkan blog pada halaman utama search engine
  4. Sekali dilakukan untuk jangka waktu panjang

Kelemahannya dalam melakukan SEO

  1. Biasanya proses melakukan SEO memakan waktu lama
  2. Algoritma sewaktu-waktu , itu akan berdampak pada menurunnya posisi kita di search engine.

Comments are closed.