SSL untuk Toko Online, Pentingkah?

SSL adalah kependekan dari Secure Sockets Layer, juga dikenal dengan istilah Transport Secure Layer (TLS). SSL adalah sebuah protokol yang dikembangkan oleh Netscape untuk komunikasi dokumen atau informasi yang membutuhkan kerahasian / privasi melalui Internet. SSL menggunakan suatu sistem enkripsi yang menggunakan dua kunci untuk melakukan enkripsi data. Enkripsi berarti bahwa informasi yang akan bolak-balik antara komputer individu dan website terenkripsi (terlindungi) sehingga tidak ada orang lain dapat memahaminya. Sebuah formula di setiap sisi digunakan untuk membuat informasi sebelum mengirimnya dan menguraikan informasi tersebut saat diterima.

Baca juga: Tips Mencegah Hacking Pada Situs WordPress

Apa yang dimaksud dengan Sertifikat SSL? Web server harus memiliki sertifikat SSL sebelum dapat membuat koneksi SSL. Ketika seseorang mengaktifkan protokol SSL di server web mereka, mereka diminta untuk menjawab pertanyaan yang akan membangun identitas mereka. Pertanyaan meminta informasi tentang kedua situs dan perusahaan. Setelah sertifikat SSL yang diminta, server web menciptakan dua kunci kriptografi, satu adalah kunci pribadi dan yang lainnya adalah Kunci Publik. Tombol ini digunakan bersama dengan rumus enkripsi untuk menciptakan aman hubungan antara web server dan sesi browser.

Apa pentingnya SSL tersebut? Berikut ini diantaranya:

Kerahasiaan (confidentiality)

Pada saat user (penguna layanan) berkomunikasi dengan server (penyedia layanan) melalui jalur internet, ada beberapa informasi yang penting untuk dijaga kerahasiannya, misalnya saat user mengisi username dan password pada halaman login. Halaman login yang dilengkapi dengan SSL, dapat menjaga informasi username dan password yang dikirim dari browser user ke server tidak bisa dilihat oleh orang yang iseng menyadap trafik internet yang sedang user gunakan (eavesdropping).

Identifikasi (authentication)

Identifikasi diperlukan untuk memastikan identitas suatu layanan / aplikasi. Misalnya pada saat user mengakses halaman login internet banking dari sebuah bank, user butuh keyakinan bahwa halaman login yang sedang mereka akses adalah benar milik bank tersebut, dan bukan halaman login palsu (phising) yang dibuat sengaja untuk mencuri informasi username dan password para pengguna bank tersebut.

Sebuah toko online tentu saja akan sangat bergantung pada website toko mereka. Oleh karena itu SSL sangat dibutuhkan. Meskipun SSL tidak bisa menjamin sebuah website terbebas dari hacker, namun dengan SSL tersebut bisa menjaga data Anda dari penjahat dunia maya. Demi kenyamanan dalam bertransaksi online, tentu saja anda memerlukan sebuah pengamanan untuk toko online anda. Salah satu sistem keamanan yang bisa digunakan adalah layanan SSL (Secure Socket Layer). Layanan ini memberikan keamanan bagi toko online dan segala transaksi yang ada didalamnya. Jika bisa diibaratkan, SSL seperti seorang satpam yang menjaga keamanan sebuah toko. Toko disini adalah toko online anda, dan SSL disini akan selalu menjaga keamanan toko anda selama 24jam. SSL memastikan data transaksi yang terjadi secara online di enkripsi/acak sehingga tidak dapat dibaca oleh pihak lain. Kegunaan utamanya adalah untuk menjaga keamanan dan kerahasiaan data ketika melakukan transaksi. Dari keamanan tersebut diharapkan turut menciptakan kepercayaan dan rasa aman ketika pengunjung website melakukan transaksi di website anda.

Sebuah toko online sangat banyak memiliki data transaksi online selama 24 jam. Bayangkan bila kerahasiaan itu tidak terjaga, akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dan sangat merugikan pada pihak pemilik toko online. Sebab internet bagi para pemilik toko online ibarat nyawa. Jika data mereka dibobol orang maka bisa dibayangkan bagaimana kondisi bisnis yang dijalankan. Oleh karena itu, salah satu perangkat wajib yang harus dimiliki oleh para pemilik toko online adalah SSL.

Cobalah untuk menggunakan SSL pada JakartaWebhosting.com untuk menjaga website toko online Anda aman.

Cloud-Hosting (1)

Read previous post:
Beberapa Plugin Untuk WordPress Yang Wajib Di Gunakan

Plugin untuk wordpress dipakai untuk mengoptimalkan fungsi dari website yang dibangun dengan basis wordpress. Jika anda menginginkan sebuah website yang

Close