Arti Domain dan Sub-domain

Istilah internet tentu bagi anda yang biasa online pasti tidak asing bukan? Namun, lain halnya dengan Domain. Ternyata lumayan banyak pemula yang ingin terjun di bisnis online namun masih belum mengenal apa sih domain itu? Dan mungkin juga kalangan tersebut akan berfikiran seperti apakah Domain itu? Dan mungkin masih banyak lagi pertanyaan – pertanyaan yang ada di benaknya.

Nama domain (domain name) adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya “wikipedia.org”. Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website. Pada awalnya nama domain hanya dapat dituliskan dengan ke-26 abjad Latin, namun saat ini telah dimungkinkan untuk menggunakan abjad asing dengan Internasionalisasi nama domain.

Subdomain adalah bagian dari sebuah nama domain induk. Subdomain umumnya mengacu ke suatu alamat fisik di sebuah situs contohnya: wikipedia.org merupakan sebuah domain induk. Sedangkan id.wikipedia.org merupakan sebuah sub domain. Biasanya, subdomain ada di depan domain dan dipisah dengan titik, seperti id.wikipedia.org. id merupakan subdomain wikipedia, sedangkan wikipedia itu sendiri adalah domain induk. Subdomain juga sebagai Third level domain.

Baca juga: Tips Membeli Domain Untuk Personal Blog

Domain dalam dunia maya adalah sebuah nama yang menjadi identitas penting untuk blog dan website yang akan anda buat, sehingga domain disini sangat erat kaitannya, dan tidak bisa dipisahkan dari proses pembuatan blog dan website tersebut. Ada Tiga Alasan Pentingnya Nama Domain menjadi sangat penting untuk proses pembuatan blog.

  • Nama suatu Domain Blog tidak bisa diganti setelah anda melakukan proses pembelian. Artinya apabila anda sudah memilih satu jenis nama untuk proses membuat blog dan langsung mendaftarkan, maka anda sudah wajib untuk memakai nama domain tersebut sampai habis masa berlakunya. Anda tidak bisa menarik kembali uang anda hanya gara-gara anda kurang puas dan kecewa telah memilih nama domain tersebut di kemudian hari.
  • Nama Domain Bisa menjadikan anda lebih fokus. Artinya dengan kehadiran blog baru anda yang memiliki nama domain tertentu, bisa membuat anda melewati titik jenuh kebosanan yang akan terjadi, pada saat anda mengisi content-content ataupun bentuk-bentuk lain kedalam blog tersebut.
  • Nama Domain adalah ladang bisnis anda. Artinya calon prospek anda tidak akan jauh-jauh dari nama domain tersebut, seperti contoh anda adalah pebisnis busana, otomatis anda akan masuk pada jenis – jenis pasar online yang menawarkan berbagai bentuk busana, baik itu busana Batik, Busana muslim yang indah menawan, dan sebagainya.

Untuk membeli domain murah dan ekonomis, JakartaWebhosting.com dapat meregistrasikan nama domain yang Anda inginkan dengan cepat. Jangan lupa untuk menggunakan JakartaWebhosting.com sebagai web hosting andalan Anda.

Cloud-Hosting (1)

Read previous post:
TYPO3 Hosting Indonesia

TYPO3 adalah sebuah perangkat lunak bebas dan open source untuk CMS (Content Management System), yang ditulis dalam bahasa pemrograman PHP. TYPO3

Close