Ada Blogger Tajir? Jangan Heran, Gini Caranya!

Blogger adalah sebuah layanan publikasi blog yang dibuat oleh Pyra Labs dan diakusisi oleh Google pada tahun 2003. Secara umum, blog yang dihost oleh Google berada di bawah subdomain blogspot.com. Blogger memperbolehkan penggunanya untuk mempublikasikan blognya di server lain, melalui FTP hingga 1 Mei 2010. Setelah tanggal tersebut, semua blog harus disimpan di server Google, meskipun pengguna dapat menggunakan alamat situsnya sendiri dengan fitur Custom URL. Blog berasal dari kata Web dan Log (WEBLOG) yang berarti catatan online (yang berada di web). Pengertian yang lebih lengkap, blog adalah situs web yang berisi tulisan, artikel atau informasi bermanfaat yang diupdate (diperbaharui) secara teratur dan dapat diakses secara online baik untuk umum maupun pribadi. Ciri-ciri berikut adalah ciri-ciri blog secara umum:

  1. Memiliki Nama dan Alamat yang bisa diakses secara online
  2. Memiliki tujuan
  3. Memiliki isi atau postingan yang berupa artikel, catatan, dan informasi lainnya
  4. Postingan atau isi blog terarsip (tersimpan sesuai tanggal, bulan dan tahun posting)
  5. Isi Blog umumnya selalu bertambah atau terupdate sesuai dengan tujuan blog

Tujuan dan manfaat Blog secara umum, antara lain :

  1. Menyampaikan informasi yang bermanfaat untuk diri sendiri maupun bagi orang lain
  2. Memberikan keuntungan bagi diri sendiri maupun orang lain
  3. Menyalurkan hobby dan mengisi waktu luang dengan kegiatan yang positif
  4. Berkarya atau aktualisasi diri
  5. Saling bertukar pengetahuan dengan pembaca, blogger menulis, pengunjung memberikan tanggapan atau komentar
  6. Berbagi pengalaman
  7. Berbagi software berguna, seperti foto, film/video, dokumen, dsb
  8. Banyak lagi, sesuai dengan jenis / topik yang diangkat.

Baca juga: Tau Gak? Blogging itu Bermanfaat Untuk Orang Lain Loh!

Saat ini, khususnya di Indonesia, kegiatan blogging berkembang sangat pesat dengan tujuan yang beragam pula. sebagian besar blog masih menggambarkan konsep blogging yang murni, akan tetapi sebagian blog juga berkembang sesuai dengan kemauan dan tujuan pemiliknya sehingga banyak yang berisi materi bebas dan terkadang keluar dari konsep blogging sebenarnya.

Bagaimana Menghasilkan Uang dengan Blogging (Ads)

1. Komisi Dari Affiliate Marketing
Bergabung dalam sebuah program affiliasi adalah salah satu cara untuk menghasilkan uang dari blog. Perlu diperhatikan bahwa program affiliasi yang kita ikuti sebaiknya sesuai dengan topik blog yang kita bangun. Misalnya sebuah blog topiknya tentang internet marketing, maka program affiliasi yang kita ikuti harus berhubungan dengan niche ini.
2. Menawarkan Ruang Iklan di Blog
Sebuah blog yang memiliki trafik tinggi biasanyalebih sukses mendapatkan pengiklan yang potensial. Pengalaman saya, ruang iklan mandiri di blog saya disewa dengan biaya Rp 500ribu – Rp 1,5 juta untuk tiap spot iklan setiap bulannya

3. Memasarkan Jasa atau Produk Anda Sendiri
Ini artinya Anda punya bisnis yang memang ingin ditawarkan ke audiens Anda. Saya sering menemukan blog yang dibuat dengan cara yang kreatif, di blog tersebut si blogger menulis tentang kegiatannya sehari-hari, hobinya, dan juga keahliannya pada bidang tertentu. Blog seperti ini sering kita temukan ya.

4. Menulis Artikel Tentang Bisnis/ Website Orang lain
Kegiatan ini biasanya disebut dengan Paid for Review. Ada banyak lho perusahaan yang ingin agar bisnis mereka diulas di blog orang lain. Biasanya perusahaan tersebut bersedia membayar cukup mahal untuk sebuah artikel review. Berdasarkan pengalaman, satu artikel review biasanya bisa dibayar sebesar Rp 300ribu – Rp 500ribu, tergantung negosiasi.

Kalian mau coba juga untuk menghasilkan uang dengan blog?

Yuk kita buat blog di JakartaWebhosting.com!

Cloud-Hosting (1)

Read previous post:
Tips Menggunakan Twitter secara Efektif untuk Bisnis Anda

Bingung mengotimalkan penggunaan twitter untuk usaha bisnis online Anda?Apabila Anda masih pemula dalam hal menggunakan Twitter untuk branding usaha Anda,

Close